PBB (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield pada Kamis (11/4) mendesak Dewan Keamanan PBB agar melakukan intervensi di Sudan jika angkatan bersenjata negara tersebut (SAF) tidak membuka akses koridor pengiriman bantuan kemanusiaan.

Sudan saat ini tengah mengalami konflik antarpihak..

“Jika SAF tidak segera mengubah arah, Dewan Keamanan harus melakukan intervensi guna memastikan bantuan penyelamat nyawa dikirim dan didistribusikan, termasuk jika perlu melalui mekanisme lintas batas,” kata Thomas-Greenfield saat konferensi pers.

DK PBB dapat membantu dengan mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan melalui jalur perbatasan dari Chad, sama dengan mekanisme yang ada di Suriah selama sekitar sembilan tahun, katanya.
Baca juga: Perang Sudan gerus tradisi berbuka puasa Ramadhan di jalan

Menurut Thomas-Greenfield, AS terlibat sangat aktif dengan SAF dan pihak Pasukan Dukungan Cepat (RSF) serta pihak lain di lapangan untuk melihat bagaimana Washington dapat bekerja sama dengan mereka semua dalam memfasilitasi penyaluran bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan ke daerah-daerah yang warganya mengalami kelaparan.

Bentrokan antara SAF dan RSF terjadi pada 15 April 2023. Sejak saat itu, pihak-pihak bertikai memberlakukan beberapa kali gencatan senjata sementara, akan tetapi tak ada satupun yang berhasil menyelesaikan konflik tersebut.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Militer Sudan berhasil kuasai markas radio dan TV nasional
Baca juga: Indonesia kirim peralatan medis dan obat-obatan untuk Palestina-Sudan
Baca juga: Menlu sebut bantuan untuk Palestina, Sudan wujud diplomasi kemanusiaan

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024