Bandarlampung (ANTARA) - Kakorlantas Polri irjen Pol. Aan Suhanan mengingatkan pemilir pada arus balik Lebaran 2024 untuk menjaga staminanya dan mengecek kendaraan yang akan dipakai dalam perjalanan.

"Kami ingatkan kepada calon pemilir yang akan kembali ke Pulau Jawa ataupun Sumatra agar staminanya harus dipastikan dalam keadaan fit," kata irjen Pol. Aan Suhanan, di Mapolda Lampung, Jumat.

Dia pun meminta agar pemilir untuk beristirahat apabila kondisi fisik sudah lelah, karena dari dua kasus kecelakaan yang menonjol pada arus mudik kemarin, penyebab utamanya adalah kelelahan.

"Maksimal 4 jam berkendara kami minta pemilir harus istirahat, kalau lelah berhenti. Apalagi ada delaying system, manfaatkan itu, terlebih informasi dari ASDP tiket yang sudah dibeli tidak hangus selama masa arus balik," kata Kakorlantas.

Kemudian, Irjen Pol. Aan Suhanan juga meminta agar pemilir mengecek kendaraan yang dipakai sebelum melakukan perjalanan.

"Kendaraan juga harap diperiksa apabila ingin digunakan pergi," katanya.

Kemudian, ia pun meminta pemilir yang menggunakan kendaraan sewa, agar dipastikan bahwa unit kendaraan yang disewa adalah resmi.

"Apabila ingin gunakan kendaraan umum atau sewa, pastikan resmi. Jangan gunakan kendaraan sewa tidak resmi, karena kita tidak bisa jamin kendaraan itu layak jalan atau tidak," kata dia.

Pada sisi lain, Kakorlantas Polri pun mengungkapkan bahwa hasil evaluasi kecelakaan lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2024 menurun.

"Melihat evaluasi kecelakaan lalu lintas memang secara nasional ada penurunan 12 persen dan fatalitas juga turun, namun kita prihatin ada dua kejadian menonjol," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024