Banten (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa agar segera melakukan pemesanan tiket arus balik dari jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan kuota.
 
Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin, di Jakarta, Jumat, mengimbau kepada pengguna jasa untuk membeli tiket dari jauh hari secara online atau melalui mitra resmi ASDP.
 
Para pengguna jasa juga harus memastikan telah mengisi identitas penumpang, serta kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket online supaya hak asuransi tercatat dengan baik.
 
"Pemudik agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket," katanya.
 
Selain itu, ASDP juga telah menerapkan kebijakan khusus bagi pengguna jasa, khususnya di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, yakni berupa peniadaan tiket kedaluwarsa.
 
Peniadaan tersebut diberikan untuk kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam, sejak waktu masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran 2024 pada 11-21 April.
 
Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan pemudik seperti saat periode arus mudik kemarin.
 
"Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang," katanya.
 
Sementara itu, pantauan arus balik pada H+3 Lebaran melalui Gerbang Tol Merak-Tangerang terpantau mulai di lalui oleh kendaraan pemudik yang melintas dari arah Pelabuhan Merak melalui jalur Cikuasa Atas, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.
 
Dan situasi di Gerbang Tol Merak-Tangerang terpantau berjalan dengan normal dan lancar.

Baca juga: ASDP imbau calon penumpang datang ke pelabuhan sesuai jadwal tiket
Baca juga: ASDP sediakan 66 unit kapal layani arus balik Jawa dan Sumatera
Baca juga: ASDP: Pelabuhan Panjang layani penumpang R2 dan R4 selama arus balik

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024