Semarang (ANTARA) - PT Jasamarga Transjawa Tol memperpanjang
sistem "contraflow" yang mengubah normal arus kendaraan di jalan raya arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 70 sampai KM 47.

"Sebelumnya diberlakukan 'contraflow' satu lajur dari KM 55 sampai KM 47 arah Jakarta ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 20.30 WIB atas diskresi pihak Kepolisian," kata Vice 
President (VP) Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Kemudian PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan perpanjangan "contraflow" satu lajur dari KM 70 sampai KM 47 arah Jakarta ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai pukul 21.42 WIB.

Menurut dia, volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada ruas jalan Tol Jakarta–Cikampek mulai meningkat sehingga diberlakukan perpanjangan sistem "contraflow" tersebut.

Baca juga: Jasa Marga lakukan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima dan saldo uang elektronik cukup.

Kemudian mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di tempat peristirahatan (rest area).

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dia.

Sebelumnya, Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga Tbk Faiza Riani menyebutkan tahun ini puncak arus balik diprediksi berlangsung pada Senin (15/4).

Baca juga: 700 ribu kendaraan masuk Trans Jawa melalui GT Cikampek

Untuk menghindari antrean panjang kendaraan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menghindari juga perjalanan di waktu favorit, yaitu pagi dan malam hari.

“Kami mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik atau bagi yang memiliki kelonggaran waktu," kata dia.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk menggeser perjalanan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20 persen yang akan diberlakukan mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 sampai Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB.

Potongan tarif itu berlaku di Tol Trans Jawa dari Semarang (Jawa Tengah) menuju Jakarta hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama.
Baca juga: Arus lalu lintas keluar Jabodetabek masih tinggi

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024