Untuk arus balik kita telah lakukan pengamanan mulai dari hari ini dan kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu di Bakahueni dan Merak
Serang (ANTARA) - Puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, diprediksi akan terjadi pada tanggal 13 sampai 14 April 2024 untuk berbagai pihak telah melakukan antisipasi agar perjalanan bisa berjalan selancar mungkin.
 
"Untuk arus balik kita telah lakukan pengamanan mulai dari hari ini dan kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu di Bakahueni dan Merak," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim di Serang, Banten, Jumat.
 
Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Dua lajur di Merak yaitu Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah di kawasan Merak akan dibuka untuk arus balik.
 
"Jadi untuk Cikuasa Atas digunakan untuk kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah digunakan bagi roda dua melalui jalur arteri," katanya.
 
Dengan adanya rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatera di Pelabuhan Merak diharapkan juga kepada pemudik dapat mengerti terkait mekanisme arus balik yang telah disiapkan oleh Polda Banten.
 
Sementara itu, berdasarkan data posko Merak mencatat, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik 5 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang.
 
Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.
 
Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H tercatat 313.965 orang atau naik 3 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 304.869 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 59.013 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.795 unit.

Baca juga: Polda Banten kawal pemudik sepeda motor dari Pelabuhan di arus balik
Baca juga: Polda Banten tidak gunakan skema "lawan arus" di tol Tangerang-Merak

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024