Medan (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan pembangunan Terminal Petikemas Belawan Paket II merupakan hasil sinergi sejumlah BUMN yaitu PT Pelabuhan Indonesia I, Hutama Karya, Wijaya Karya dan Bank Mandiri.

"Ini adalah bukti bahwa kita mampu membiayai proyek pembangunan sendiri tanpa mengandalkan bantuan negara asing," kata Dahlan ketika mencanangkan Pengembangan Terminal Petikemas Belawan Paket II di Dermaga Belawan International Container Terminal (BICT) Sumatera Utara, Senin.

Dahlan menyatakan rasa bangganya atas kemandirian BUMN dalam melakukan pembangunan infrastruktur tersebut.

"Saya juga menyampaikan apresiasinya pada Direktur Utama Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I yang baru, Bambang Eka Cahyana atas kecepatannya dalam melakukan pengembangan pelabuhan di Pelindo I," ucap dia.

Dahlan menyebutkan BUMN harus menjadi tangan kedua pemerintah dimana hal-hal yang tidak bisa dibiayai oleh APBN, dibiayai oleh BUMN.

Sementara itu Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan Terminal Petikemas Belawan Paket II sebagai salah satu upaya untuk memperkuat sistem logistik nasional.

"Pelabuhan Belawan mempunyai peran penting dalam meningkatkan konektivitas nasional, juga merupakan bagian dari koridor Sumatera dalam MP3EI," ucap Bobby.

Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho mengatakan pembangunan Terminal Petikemas Belawan merupakan cita-cita sejak tahun 2008.

"Setelah cukup lama diimpikan, akhirnya pembangunan dermaga Terminal Petikemas Belawan bisa diimplementasikan," kata Gatot.

Dirut PT Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menjelaskan penambahan dermaga di Terminal Petikemas Belawan harus dilakukan karena lalu lintas kontainer yang terus meningkat.

"Trafik petikemas di Belawan tumbuh semakin pesat yaitu rata- rata 15 persen di terminal domestik dan 5,8 persen di terminal internasional. Tahun 2012 trafik yang terjadi mencapai hampir 850.000 teus," ujarnya.

Bambang menjelaskan pada tahun 2013 diperkiraan akan meningkat menjadi hampir satu juta teus dengan kapasitas terminal 1,2 juta teus.

"Pengembangan Pelabuhan Belawan menjadi bagian dari program MP3EI," kata Bambang.

Peresmian pencanangan Proyek Pengembangan Terminal Petikemas Belawan Paket II sepanjang 350 meter ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan yang disaksikan oleh Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho dan Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana. (M034/A039)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013