Kita  terus kordinasi dengan Kepolisian
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama pemangku kepentingan (stakeholders) terus menjaga keamanan selama libur Lebaran 2024 terutama di permukiman yang ditinggal penghuninya untuk mudik ke kampung halaman.
 
"Kita  terus kordinasi dengan Kepolisian, kemudian untuk internal dengan kecamatan, kelurahan juga semuanya sudah berkoordinasi untuk keamanan Jakarta (selama libur Lebaran)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
 
Joko menyebut Pemprov DKI Jakarta juga terus mengimbau pelajar yang saat ini masih libur Lebaran untuk menggunakan waktunya sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Hal ini, jelas Joko, untuk menghindari adanya tawuran dan kegiatan berbahaya lainnya.
 
"Sudah pasti setiap saat kita selalu imbau pelajar. Sekarang kan sekolah masih libur, tentunya enggak ada lagi tawuran, lakukan dengan hal-hal yang bermanfaat," ujar Joko.
 
Joko berharap ke depan  Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta berkoordinasi dan berkomunikasi secara lebih persuasif dengan sekolah dan orang tua  untuk mengarahkan kepada siswa dan anak-anak  bahwasanya tugasnya hanya belajar.
 
Selain itu, Joko meminta masyarakat Jakarta ke depannya untuk  bahu-membahu mendukung cita-cita Jakarta  menjadi kota global.
 
"Harapannya ke depan kita harus lebih bagus. Karena status Ibu Kota kan hampir selesai, setelah itu kita akan menjadi kota global. Kita mohon kepada  masyarakat Jakarta untuk bahu-membahu mendukung cita-cita kita menjadi kota global," jelas Joko.
 
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan ribuan personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban Jakarta selama libur dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Sekitar 3.000 atau dua per tiga dari total jumlah personel Satpol PP DKI Jakarta, dikerahkan untuk lakukan pemantauan, pengawasan dan pengamanan di lingkungan masyarakat selama masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (8/4).
 
Arifin mengatakan personel yang ada di tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi berkomitmen untuk terus menjaga Kota Jakarta tetap tertib, aman dan kondusif selama menjelang, saat, dan setelah Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Bersama Kepolisian dan TNI serta elemen masyarakat, kami siap jaga agar warga dapat merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman, dan kondusif," ujar Arifin.
Baca juga: Polisi gencarkan patroli di sekitar rumah kosong saat Lebaran
Baca juga: Polisi gencar patroli jalan kaki di Jakbar jaga keamanan rumah warga
Baca juga: Polisi patroli rumah kosong yang tinggal mudik warga Jakut

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024