Changsha (ANTARA) - Data pemantauan resmi terbaru menunjukkan adanya perluasan yang signifikan dari Danau Dongting, danau air tawar terbesar kedua di China, yang terletak di Provinsi Hunan, dengan luas permukaannya meningkat sekitar 80 persen sejak awal bulan ini.

Luas permukaan danau itu mencapai sekitar 950 kilometer persegi, meluas hingga 420 kilometer persegi sejak 1 April, menurut data pemantauan terkini per Jumat (12/4) pukul 08.00 waktu setempat.

Pusat urusan pemeliharaan air Danau Dongting di provinsi tersebut pada Jumat mengatakan bahwa musim kemarau yang berlangsung selama setengah tahun telah berakhir seiring meningkatnya curah hujan di seluruh wilayah tersebut sejak musim banjir dimulai pada April.

Ketinggian air di stasiun hidrologi Chenglingji yang terkenal di danau itu kembali menunjukkan kenaikan menjadi 25,78 meter per Jumat pukul 08.00 waktu setempat, 3,63 meter lebih tinggi dibandingkan dengan angka yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Pada periode tahun 2022-2023, Danau Dongting mencatat ketinggian air yang rendah akibat sejumlah faktor, seperti cuaca kering dan minimnya aliran air hulu.

Beberapa stasiun hidrologi mencatat ketinggian air terendah dalam sejarah selama periode tersebut, yang berdampak terhadap produksi dan kehidupan sehari-hari masyarakat di daerah sekitarnya.

Selama musim banjir 2023, ketinggian permukaan air di Danau Dongting menunjukkan pemulihan. Namun, mulai 17 Oktober 2023, danau itu kembali mengalami periode ketinggian air rendah.

Data dari departemen meteorologi dan hidrologi Provinsi Hunan menunjukkan bahwa hingga Jumat pukul 08.00 waktu setempat, akumulasi curah hujan di Hunan sejak awal tahun ini telah mencapai 392,9 mm, meningkat 15,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

Sejak awal musim banjir, akumulasi curah hujan telah mencapai 111,5 mm, atau 83,4 persen di atas rata-rata untuk periode yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

Kenaikan permukaan air di Danau Dongting ini juga mengindikasikan adanya potensi tekanan banjir yang lebih tinggi untuk tahun ini, menurut otoritas meteorologi dan hidrologi provinsi tersebut. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024