pemudik yang masih berada di kampung halaman, agar pulang mudik lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan puncak arus balik
Jakarta (ANTARA) - Polisi menyiagakan sebanyak 96 personel gabungan guna melaksanakan kegiatan pengamanan dan pemantauan arus balik Lebaran di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu, merinci dari 96 personel ini sebanyak 43 orang bersiaga di Stasiun Gambir, sementara sisanya yakni 53 personel bertugas di Stasiun Pasar Senen.

"Saat ini arus balik Lebaran sudah mulai berdatangan meskipun belum padat, mengingat hari Selasa tanggal 16 April 2024 para pekerja baik karyawan swasta, Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pedagang sudah mulai kembali beraktivitas," kata dia.

Susatyo menegaskan polisi akan melayani pemudik yang akan kembali ke Jakarta selama 24 jam di Stasiun Gambir maupun di Stasiun Pasar Senen.

"Kami siagakan personel yang akan memantau dan melaksanakan patroli jalan kaki dan akan memberikan imbauan dan mengingatkan agar selalu berhati-hati di perjalanan," kata dia.

Susatyo kemudian mengimbau pemudik yang masih berada di kampung halaman, agar pulang mudik lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan puncak arus balik.

Dia juga mengingatkan agar mereka menyimpan barang yang berharga, menggunakan perhiasan seperlunya agar tak mengundang pelaku kejahatan dan menghindari menerima pemberian makanan dan minuman orang yang tidak dikenal selama di perjalanan.

"Waspadai pelaku hipnotis yang mengincar barang berharga bapak ibu, jangan sampai kena tipu dan rayuan orang yang belum dikenal," ujar Kapolres.

Susatyo mengatakan Polres Metro Jakarta Pusat bersama tiga pilar bekerja sama dengan pihak Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen melayani pemudik yang kelelahan maupun kurang sehat di posko kesehatan.

Dia menyarankan pemudik yang kelelahan agar beristirahat posko kesehatan dan melanjutkan perjalanan setelah kondisinya sehat.

Kemudian, dia mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi pusat layanan (call center) 110 apabila mengalami masalah, agar segera ditindaklanjuti. Polisi, sambung Susatyo, tidak akan lelah melayani dan memberikan rasa aman serta nyaman kepada warga.
Baca juga: Jasa Marga catat 16 ribu kendaraan kekurangan saldo elektronik di tol
Baca juga: Dishub Kota Cirebon: Kendaraan menuju Jakarta masih padati ruas arteri
Baca juga: JTT siagakan layanan Tol Palimanan-Kanci saat libur Lebaran
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024