Sejak hari Kamis (11/4) hingga saat ini, tren kunjungan wisata di desa kami meningkat 20 persen dibandingkan hari-hari biasa
Kuningan (ANTARA) -
Pengelola Desa Wisata Kaduela di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mencatat angka kunjungan turis pada dua destinasi wisata di kawasan itu meningkat hingga 20 persen saat libur panjang Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024.
 
“Sejak hari Kamis (11/4) hingga saat ini, tren kunjungan wisata di desa kami meningkat 20 persen dibandingkan hari-hari biasa,” kata Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Arya Kamuning Kaduela Iim Ibrahim di Kuningan, Sabtu.
 
Ia menjelaskan dua destinasi wisata di Desa Kaduela Kecamatan Pesawahan  yakni Telaga Biru Cicerem serta Wahana Sideland, selalu dipadati wisatawan yang jumlahnya bisa mencapai 6.000 orang per hari di masa libur Lebaran.
 
Sedangkan saat hari biasa, kata dia, kunjungan turis yang berlibur ke dua objek wisata itu jumlah tertingginya sekitar 4.000 orang.
 
“Dua objek wisata di Kaduela saat momen libur panjang seperti sekarang selalu ramai, karena banyak turis lokal yang datang,” ujarnya.
 
Menurutnya, kebanyakan pengunjung yang datang ke Desa Wisata Kaduela didominasi turis asal Cirebon dan sekitarnya serta sebagian lainnya berasal dari luar kota yakni Jakarta sampai Bandung.

Baca juga: Pemkab Kuningan gelar Festival Durian sebagai ajang promosi wisata
 
Untuk mengantisipasi banyaknya turis yang datang, BUMdes Arya Kamuning telah menyiapkan kantong parkir dengan kapasitas penampungan sebanyak 600 kendaraan.
 
Selain itu, Iim menyampaikan bahwa dua objek wisata itu telah dilengkapi sejumlah fasilitas untuk menunjang kegiatan turis untuk berwisata seperti tersedianya wahana rekreasi sampai sarana ibadah.
 
“Kebanyakan pengunjung datang untuk berlibur. Di Talaga Cicerem mereka bisa menikmati keindahan danau dengan air biru yang jernih. Untuk wahana air mereka bisa ke Sideland,” katanya.
 
Ia menargetkan kunjungan wisatawan di Desa Kaduela bisa menyentuh 10.000 turis, karena sejak H+1 Lebaran dua objek wisata tersebut selalu dipadati wisatawan.
 
“Kami pastikan mereka bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Kami juga memberdayakan warga setempat untuk membantu kegiatan wisata di dua destinasi itu,” ucap dia.
 
Desa Kaduela merupakan salah satu dari desa wisata yang dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam rangka memperbanyak destinasi untuk dikunjungi pelancong dari berbagai daerah.
 
Desa ini menyabet penghargaan sebagai desa terbaik kedua untuk kategori Desa Maju/Mandiri, dalam ajang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang digelar Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Baca juga: Desa Wisata Kuningan juara ke-2 Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Baca juga: Desa wisata Kuningan masuk 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024