penerapan one way saat ini beda dengan tahun lalu
Semarang (ANTARA) - Pemerintah resmi menerapkan sistem one way atau satu arah  di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama pada pukul 15.00 WIB atau H+3 Lebaran guna melancarkan arus balik.

"Kami resmi menerapkan sistem one way," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Semarang, Sabtu.

Ia mengatakan penerapan one way saat ini beda dengan tahun lalu yang dilakukan serentak tapi hari ini di gerbang tol lain sudah dibuka satu arah.

"Saya mohon pemudik untuk mematuhi  aturan yang ada, cek saldo elektronik tol, dan pastikan BBM cukup," katanya.

Ia juga meminta pemudik memanfaatkan rest area di sepanjang jalan dan jika penuh maka pemudik bisa keluar tol terlebih dahulu untuk beristirahat.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sistem one way sudah dapat dilaksanakan dan pihaknya sudah memantau dari Solo, Boyolali, Salatiga, hingga Banyumanik dan memang pergerakan kendaraan tinggi.

"Kami apresiasi seluruh petugas yang terlibat dalam menyukseskan arus mudik ini," kata dia

Ia meminta agar pemudik tidak parkir di bahu jalan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

"Apabila letih maka silahkan beristirahat agar fokus membawa kendaraan," kata dia.

Kakorlantas Polri Irjen Pol.Aan Suhanan mengatakan penerapan sistem one way ini dilakukan pukul 15.00 WIB dari GT Kalikangkung KM 414 hingga GT Cikampek Utama KM 72.

"Selanjutnya nanti akan disambut dengan sistem contraflow (mengambil sebagian jalur dari arah berlawanan) dan kami mengajak pemudik berhati-hati dalam melakukan arus balik," kata dia

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024