Lampung Selatan (ANTARA) - Sejumlah calon penumpang pejalan kaki terus berdatangan dan memadati area terminal ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang hendak menyeberang menuju Merak, Banten, pada arus balik H+2 Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu, para calon penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati terminal reguler di pelabuhan tersebut.

Tidak hanya berdatangan, para calon penumpang kapal juga memenuhi ruang tunggu untuk menunggu jam keberangkatan kapal.

Hafiz Faisol salah satu pemudik dari Rajabasa, Lampung Selatan mengatakan dirinya bersama keluarganya memilih mudik arus balik dengan menggunakan transportasi umum untuk menikmati perjalanan dan mengantisipasi kemacetan di pelabuhan.

Baca juga: Pemudik arus balik di Pelabuhan Bakauheni terus meningkat pada H+2

"Informasinya besok puncak arus balik di Lampung, jadi saya memilih untuk balik hari ini guna menghindari kemacetan, kami juga memilih menggunakan transportasi umum ini kalau terjadi kemacetan di area dekat pelabuhan kami bisa turun dan jalan kaki menuju pelabuhan," kata Hafiz saat ditemui di Terminal Reguler Bakauheni, Sabtu.

Ia juga mengatakan fasilitas dan pelayanan petugas di Pelabuhan Bakauheni cukup baik di mana dirinya dibantu diarahkan oleh petugas untuk menuju ruang tunggu pelabuhan.

General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko di Bakauheni, Sabtu, mengatakan berdasarkan data 24 jam angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, jumlah penumpang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni yang hendak menyeberang menuju Merak mencapai 68.685 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 41.280 orang," kata dia.

Baca juga: Polisi bagikan minuman ke pemudik roda dua di Pelabuhan Bakauheni

Ia mengatakan jumlah penumpang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 6.266 orang dan penumpang di dalam kendaraan mencapai 62.419 orang.

"PT ASDP Cabang Bakauheni memastikan kesiapan armada kapal untuk melayani mobilisasi penumpang pada periode angkutan Lebaran 2024," ujarnya.

PT ASDP juga menyiapkan berbagai fasilitas pelabuhan dan kapal guna memastikan kenyamanan penumpang pada mudik dan balik Lebaran 2024.​​​​​​​

Rudi Sunarko mengimbau para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni dipadati arus balik pemudik pada Jumat malam

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024