Semarang (ANTARA) - Sebanyak 7.367 kendaraan dari arah Jakarta tercatat masuk ke Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Sabtu, sebelum penerapan jalur satu arah (one way) dari Semarang ke arah Jakarta.

Kepala Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang AKP Sujid menyebutkan 7.367 kendaraan itu terdata sejak pukul 06.00-15.00 WIB.

Meski sudah memasuki arus balik atau arus milir Lebaran, kendaraan masih sempat terpantau masuk dari arah Jakarta meski tidak terlalu banyak dan semakin sedikit menjelang penerapan "one way".

Pada pukul 06.00-13.00 WIB, tercatat arus kendaraan setiap jam terpantau naik dari 765 kendaraan menjadi kisaran 1.000-an, sementara satu jam menjelang penerapan "one way" hanya tersisa 75 kendaraan.

Sedangkan kendaraan dari arah berlawanan, yakni Semarang menuju Jakarta yang melintasi Gerbang Tol Kalikangkung pada waktu dan jam yang sama tercatat 26.543 kendaraan.

Arus milir yang melintasi Gerbang Tol Kalikangkung menunjukkan peningkatan sejak pukul 06.00 WIB sekitar 1.000-an kendaraan per jam menjadi 3.000-an kendaraan pada satu jam sebelum "one way" diterapkan.

Pemerintah resmi menerapkan sistem "one way" atau satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, menuju GT Cikampek Utama, Sabtu, mulai pukul 15.00 WIB guna melancarkan arus balik.

Peresmian sistem "one way" dilakukan oleh Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol.Aan Suhanan.

"Kami resmi menerapkan sistem one way," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Saya mohon pemudik untuk mematuhi aturan yang ada, cek saldo elektronik tol, dan pastikan BBM cukup," katanya.

Muhadjir juga meminta pemudik memanfaatkan rest area di sepanjang jalan, dan jika penuh maka pemudik bisa keluar tol terlebih dahulu untuk beristirahat.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol.Aan Suhanan mengatakan bahwa penerapan sistem one way tersebut dilakukan mulai pukul 15.00 WIB dari GT Kalikangkung KM 414 hingga GT Cikampek Utama KM 72.

"Selanjutnya nanti akan disambut dengan sistem contraflow (mengambil sebagian jalur dari arah berlawanan) dan kami mengajak pemudik berhati-hati dalam melakukan arus balik," katanya.

Baca juga: One way Tol Trans Jawa, kendaraan menuju Cirebon dialihkan ke Pantura

Baca juga: Pengendara diminta tidak euforia di jalur "one way"

Baca juga: Ratusan ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek pada 10-12 April 2024

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024