Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan viral video di media sosial TikTok dengan 27 juta kali penayangan menampilkan istri artis Raffi Ahmad, Nagita Slavina mempertanyakan kedatangan orang-orang yang langsung membawa Raffi Ahmad.

Video tersebut dinarasikan Raffi Ahmad diringkus polisi karena terlibat dalam kasus dugaan korupsi PT Timah sebesar Rp271 triliun.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“raffi ahmad dirin9ku5 poli51 k45us pencuc14n uang 271 triliun #raffiahmad  #ditangkap  #polisi #271triliun #nagitaslavina”

Namun, benarkah video penangkapan Raffi Ahmad karena keterlibatan kasus korupsi 271 triliun tersebut?

 

Unggahan video yang menarasikan detik-detik penangkapan Raffi Ahmad atas keterlibatan kasus korupsi timah 271 triliun. Faktanya, video tersebut merupakan konten prank yang diunggah 2019 lalu. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video serupa dengan unggahan YouTube AH yang berjudul “PRANK RAFFI AHMAD! Di TANGKAP POLISI!! NAGITA NANGIS” (https://www.youtube.com/watch?v=5GjXKy_nRQU) yang diunggah pada Mei 2019. Video tersebut bermula dari sejumlah orang mendatangi rumah Raffi Ahmad dan langsung menangkap Raffi yang diduga karena menggunakan narkotika.

Namun, video tersebut hanyalah konten prank yang dirancang oleh Raffi dan Atta Halilintar. Dengan demikian, video tersebut bukan penangkapan Raffi Ahmad karena keterlibatan kasus terlibat dalam korupsi Rp271 triliun.

Klaim: Video penangkapan Raffi Ahmad karena keterlibatan kasus korupsi Rp271 triliun

Rating: Hoaks

Cek fakta: Waspada iklan judi online mengatasnamakan acara Najwa Shihab dengan Raffi Ahmad

Cek fakta: Hoaks! Raffi Ahmad terlibat kasus dengan Rafael Alun

Baca juga: Raffi-Kaesang tempatkan UMKM di BSD City agar bisa naik kelas

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024