Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi menggelar Grand Final Kejurnas KU-17 di GOR Vokasi IPB Bogor pada 15-20 April 2024 guna menjaring para pemain bertalenta untuk membentuk skuad Timnas Basket U18.

Sebanyak sembilan tim ambil bagian di Grand Final Kejurnas KU-17 tahun 2024 yaitu Victoria Jakarta, Aras Jakarta, Aras Banten, GMC Cirebon, Spartan Jogyakarta, Sahabat Semarang, CLS Surabaya, WBS Surabaya, dan Merpati Bali.

Dari seluruh tim yang berpartisipasi, para pemain memiliki potensi untuk direkrut sebagai pemain Timnas Basket U18 yang dipersiapkan untuk bertanding dalam kompetisi basket antar negara Asia Tenggara atau SEABA U18 di Malaysia.

Menurut Ketua Pelaksana Grand Final Kejurnas KU-17 Putra Ferri Jufry, para peserta ini dibagi menjadi tiga grup. Mereka akan bersaing untuk perebutkan peringkat kesatu, kedua, ketiga, dan juga seterusnya.

“Di grandfinal akan dibagi tiga grup, masing-masing grup terdiri dari tiga tim. Peringkat satu masing-masing grup akan masuk dalam satu grup untuk menentukan peringkat pertama sampai ketiga,” terang Ferri.

“Kemudian peringkat dua setiap grup akan bertemu lagi dalam satu grup untuk menentukan peringkat keempat sampai keenam, begitu juga dengan peringkat tiga akan dimasukkan dalam satu grup untuk menentukan peringkat tujuh, delapan, dan sembilan,” lanjutnya.

Baca juga: Perbasi sebut Timnas Basket Putri U-18 tetap lolos FIBA Asia Cup

Sembilan tim yang lolos Grand Final Kejurnas KU-17 ini sebelumnya berjuang dari bawah. Mereka membawa nama besar masing-masing tim untuk bersaing perebutkan tiket Grand Final dari penyisihan wilayah yang disebut Kualifikasi Kejurnas.

“Kualifikasi Kejurnas dibagi lima wilayah. Setiap peringkat satu dan dua masing-masing wilayah lolos ke babak Grand Final,” jelasnya.

Ferri mengatakan, rangkaian pertandingan ini harus dilalui semua tim untuk mendapatkan predikat klub terbaik di KU-17. Sebagai apresiasi dari perjuangan para pemain, PP Perbasi menerjunkan pencari bakat untuk memantau setiap pertandingan.

“Mengingat, Grand Final Kejurnas KU-17 ini merupakan salah satu ajang seleksi pemain untuk membentuk Timnas Basket Putra untuk turun di kejuaraan SEABA U18,” ujar Ferri.

SEABA U18 akan berlangsung pada 19 sampai 21 Juli 2024 di Kuala Lumpur Malaysia. Di ajang ini akan diramaikan oleh empat tim, termasuk Indonesia. Tiga negara lainnya yang ambil bagian adalah Thailand, Filipina, dan Malaysia.

“Para pemain muda, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuanmu bahwa kelak kalian memang pantas membawa nama bangsa di kancah internasional. Grand Final Kejurnas U-17 ini adalah pintu gerbang mewujudkan mimpi besar menjadi pemain besar. Selamat bertanding dan jaga sportivitas,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad pemain muda untuk kejuaraan di 2024

Baca juga: Perbasi siapkan 15 atlet muda jalani latihan enam bulan di Lithuania

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024