menempuh perjalanan selama kurang lebih 16 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan ribuan peserta arus balik gratis dengan sepeda motor melalui jalur transportasi kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tiba dengan selamat di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Ribuan peserta yang mengikuti program mudik dan balik gratis sepeda motor naik kapal laut tahun 2024 tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan selamat setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 16 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting di Jakarta, Minggu.

Hendri turut menyambut kedatangan para pemudik yang turun dari kapal KM. Dobonsolo di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Minggu tepat pukul 09.00 WIB.

Hendri menyebut Kapal KM Dobonsolo mengangkut sebanyak 1.705 orang penumpang dan 663 unit sepeda motor berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada Sabtu (13/4) pukul 16.00 WIB. Pengangkutan tersebut merupakan arus balik voyage pertama.

Sedangkan arus balik voyage kedua akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas pada Senin (15/4) dan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Selasa (16/4).

Ia menyampaikan, Kemenhub terus berkomitmen untuk memperbaiki layanan dan mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat agar ke depan dapat berjalan lebih baik lagi.

"Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh Kemenhub dapat terus didukung agar ke depan layanan kami lebih baik lagi," katanya.

Hendri menuturkan Kemenhub bersyukur karena program mudik dan balik gratis mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Ia mengaku bahwa program tersebut akan diteruskan di tahun mendatang karena selain perjalanan dengan kapal laut lebih lancar dan nyaman, juga bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

"Saya ucapkan selamat jalan kembali ke rumah masing-masing, tetap berhati-hati saat berkendara semoga sampai di rumah dengan selamat dan sehat semuanya," tutur Hendri.

Ia juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin serta berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat yang telah mendukung program mudik gratis ini.

"Saya ucapkan Minal Aidin wal Faidzin, alhamdulillah setelah bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, para pemudik dapat kembali ke Jakarta dengan selamat. Semoga silaturahmi ini dapat semakin meningkatkan semangat kerja di tempat masing-masing," ujar Hendri saat melepas para peserta mudik gratis kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: Pelni layani 304 ribu penumpang di periode arus mudik
Baca juga: Kemenhub percepat laju kapal untuk urai antrean di Merak
Baca juga: Pelindo Regional 3 jamin pelayanan dalam kondisi prima saat lebaran


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024