Cianjur (ANTARA) -
Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur memprediksi puncak arus balik di jalur wisata Puncak, Jawa Barat, yang menghubungkan jalan dari arah Bandung dan Cianjur ke Bogor hingga Jakarta, sudah terlewati.
 
Kepala Satlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Polisi Anjar Maulana mengatakan puncak kepadatan arus kendaraan wisatawan maupun pemudik dari arah Cianjur maupun dari arah Bogor menuju kawasan Puncak telah terjadi pada Sabtu (13/4) atau H+2 Lebaran 2024.
 
"Puncak arus lalu lintas yang kami pantau itu pada hari kemarin. Hari Jumat (12/4) mulai peningkatan, hari Sabtu (13/4) cukup banyak," kata Anjar saat ditemui di Pos Pengamanan Lebaran Puncak Pass, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu.

Baca juga: Polisi arahkan pemilir ke jalur alternatif antisipasi macet di Puncak
 
Dia memprediksi hal tersebut karena volume kendaraan yang menuju ke kawasan Puncak pada Minggu ini lebih sedikit dibanding hari sebelumnya.

Pada Sabtu (13/4), ekor antrean kendaraan menuju Puncak mencapai sekitar 9 kilometer hingga persimpangan Hotel Surya Indah, sedangkan pada Minggu ini antrean kendaraan lebih pendek.
 
"Kendaraan yang dari arah Bogor masih ada, namun perkiraan kita tidak terlalu banyak hari ini maupun Senin (15/4)," katanya.

Baca juga: Akses dari Jagorawi ke Puncak ditutup selama satu arah pada H+3
 
Meskipun arus kendaraan mulai melandai, Polres Cianjur bersama Polres Bogor tetap menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah dalam rangka arus balik ke arah Jakarta sejak pukul 12.30 WIB.

Rekayasa itu pun membuat arus kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Puncak ditutup sementara mulai dari Tol Jagorawi.
 
Dia mengatakan sistem one way ke arah Jakarta dari Puncak itu diterapkan berdasarkan koordinasi dengan Polres Bogor hingga situasi arus lalu lintas berlangsung normal kembali tanpa adanya antrean kendaraan.
 
"Kita melihat panjang ekor antrean, kalau kembali panjang kami akan lakukan one way kembali," katanya.

Baca juga: Polisi terapkan satu arah dari Puncak ke Jakarta pada H+3 siang
Baca juga: Polisi 10 jam lebih berlakukan satu arah dari Puncak ke arah Jakarta

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024