Kota Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 865 penumpang arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah tiba dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Perwira Jaga Pos Pelabuhan Gorontalo Stenli mengatakan penumpang arus balik pada Minggu mengalami peningkatan yang signifikan dibanding hari sebelumnya.

"Untuk arus balik kami sampaikan pada hari ini ada peningkatan signifikan dibanding hari sebelumnya. Penumpang yang tiba hari ini sebanyak 865 orang, naik dibanding hari sebelumnya sebanyak 238 penumpang," kata dia di Gorontalo, Minggu.

Baca juga: 42.802 orang tinggalkan Jawa via Pelabuhan Merak pada H+3 Lebaran

Ia mengatakan beberapa hari setelah Idul Fitri 1445 Hijriah sudah empat unit kapal yang bersandar dan membawa penumpang arus balik melalui Pelabuhan Gorontalo.

Stenli memperkirakan puncak arus balik terjadi setelah hari raya ketupat atau satu pekan setelah Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: Pelni Medan: 17.887 penumpang turun di Belawan pada arus mudik Lebaran

"Kami menyiapkan delapan kapal untuk mengangkut penumpang arus balik Lebaran 2024, terdiri atas tujuh KM Sabuk Nusantara dan satu KMP Tilongkabila," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang Rahmatia mengaku kembali ke Gorontalo pada hari ini karena pada Selasa (16/4) sudah harus kembali masuk kerja.

Baca juga: ASDP seberangkan 109.965 penumpang dalam dua hari arus balik Lebaran

"Saya dan keluarga memilih tiba hari ini di Gorontalo, karena pada Selasa (16/4) sudah harus bekerja kembali setelah libur selama satu pekan," ucap dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024