Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Polisi Harry Goldenhardt mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada H+2 Lebaran atau Sabtu (13/4) dalam keadaan aman.

"Situasi kamtibmas dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 pada Sabtu, 13 April 2024, secara umum dalam keadaan aman, tertib, dan terkendali," kata Harry dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Meski demikian, dia memaparkan bahwa terdapat gangguan kamtibmas kejahatan sebanyak 903 kasus, bencana sebanyak 2 kejadian, pelanggaran 5 kasus, dan gangguan terhadap ketenteraman sebanyak 40 kejadian.

Adapun data kecelakaan lalu lintas pada Sabtu (13/4), tercatat ada 267 kejadian dengan rincian; 34 orang meninggal dunia, 45 orang luka berat dan 350 orang luka ringan, dengan kerugian material sebesar Rp736.020.500.

"Data penindakan pelanggar lalu lintas pada Sabtu, 13 April 2024, sebanyak 31.015 kejadian dengan rincian, sebanyak 30.517 berupa teguran, dan sebanyak 498 tilang ETLE," ujarnya.

Baca juga: Polri sebut situasi kamtibmas pada H+1 lebaran aman dan terkendali

Baca juga: Kamtibmas di Papua Barat terjamin selama libur Lebaran


Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat berkendara dengan aman, terutama pada jalur-jalur rekayasa lalu lintas selama masa arus balik.

"Memastikan kesehatan fisik dalam kondisi baik dan utamakan keselamatan pengemudi maupun penumpang, mengecek dengan benar kondisi kendaraan anda pasca-mudik sebelum kembali ke rumah masing-masing, serta tertib dan mematuhi rambu jalan serta peraturan yang ada," imbau-nya.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk memastikan informasi terkait arus balik dari Korlantas Polri maupun petugas di lapangan.

"Apabila kelelahan, diharapkan tidak memaksakan diri serta maksimal mengemudi selama empat jam. Kemudian, dapat istirahat di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan," harap dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024