Magetan (ANTARA) - Kodim 0804/Magetan menggandeng Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan dalam meningkatkan produksi tanaman pangan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Kerja sama tersebut diwujudkan dengan ditandatanganinya MoU antara Kodim Magetan dengan Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan tentang peningkatan produksi tanaman pangan di Magetan, utamanya padi," ujar Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki dalam keterangannya di Magetan, Jawa Timur, Minggu.

Menurut dia, upaya tersebut merupakan tindak lanjut dari program nasional di mana sebelumnya telah ditandatangani MoU antara Kementerian Pertanian RI dan TNI Nomor 04/MOU/HK.230/M/12/2023, Nomor NK/30/XII/2023/TNI tentang Pelaksanaan Pembangunan Pertanian.

Baca juga: Magetan dukung penanaman buah alpukat jadi komoditas Desa Taji

Hasan Dasuki menjelaskan, melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut, Kodim 0804/Magetan dan Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan sepakat untuk melakukan berbagai langkah nyata guna mencapai tujuan bersama dalam sektor pertanian.

"Khususnya dalam hal perluasan lahan tanam padi dan peningkatan sistem irigasi pompa dan pipanisasi di Kabupaten Magetan," kata dia.

Adapun perluasan tanam tersebut mencakup luas potensi sawah sekitar 830 hektare yang tersebar di enam kecamatan terdiri atas tiga kelurahan dan 16 desa dengan kebutuhan 34 unit pompa dan juga sejumlah pipa.

Menurut Dandim, kolaborasi tersebut untuk mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan dan swasembada pangan nasional.

Baca juga: Pemprov Jatim gelar Gerakan Pangan Murah di Madiun tekan harga pangan

"Oleh karena itu, perlu sinergi antara pemerintah, TNI, dan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan ini," katanya.

Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan Uswatul Chasanah mengapresiasi upaya peningkatan ketahanan dan swasembada pangan yang dilakukan dengan Kodim Magetan.

"Meningkatkan swasembada pangan merupakan langkah maju dalam upaya bersama-sama mendayagunakan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan produksi tanaman pangan setempat," kata Uswatul Chasanah.

Selain itu, upaya tersebut juga dalam rangka untuk mewujudkan Kabupaten Magetan sebagai lumbung pangan guna mendukung terwujudnya swasembada pangan nasional.

Baca juga: Pemkot Solok galakan pemanfaatan gang hijau untuk ketahanan pangan  

"Oleh karena itu, melalui kesepakatan tersebut diharapkan berbagai permasalahan pertanian di Magetan akan lebih mudah dan cepat diatasi," katanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024