Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso menegaskan perjuangan timnya belum berakhir meski berhasil meraih gelar perdana Bundesliga usai menang 5-0 atas Werder Bremen di BayArena, Minggu.

Alonso mengisyaratkan timnya bisa mengamankan tiga gelar (treble) dengan mengawinkan piala Bundesliga dengan menjuarai Piala Jerman melawan Kaiserslautern dan Liga Europa yang baru masuk babak perempat final dengan melawan West Ham.

"Ini belum berakhir. Kita lihat sampai sejauh mana kami bisa melangkah. Saya punya firasat bagus mengenai hal itu," kata Alonso dalam konferensi pers seusai laga dikutip AFP pada Senin.

"Ini belum berakhir dan kami memiliki target besar yang masih ingin dicapai. Tapi kami baru memikirkannya pada Selasa karena hari ini dan besok kami ingin berpesta," kata Alonso.

Pelatih asal Spanyol berumur 42 tahun itu mengukir sejarah dengan mempersembahkan piala Bundesliga pertama untuk Leverkusen dengan masih meyisakan lima pertandingan dan rekor 43 laga tak terkalahkan dalam semua kompetisi musim ini.

Alonso yang menyatakan tetap melatih Leverkusen  musim depan dan menyatakan kunci keberhasilannya pada musim kedua bersama Leverkusen adalah komunikasi dengan para pemain serta pengalaman pernah memperkuat tim besar seperti Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.

Baca juga: Bayer Leverkusen juarai Liga Jerman usai hancurkan Bremen 5-0

“Saya ingin berada di dekat para pemain, berbicara dengan mereka dan sebagai seseorang yang bermain, saya tahu apa yang mereka rasakan," kata dia.

"Saya punya empati dan koneksi dengan para pemain, yang penting di ruang ganti. Saya berusaha menjaga koneksi ini dengan tim," kata mantan pelatih Real Sociedad itu.

Kemenangan ini, sambung Alonso, membuat Bundesliga yang sebelumnya didominasi Bayern Muenchen menjadi liga yang lebih atraktif.

“Mungkin sehat bagi Bundesliga dan sepak bola Jerman jika ada tim lain menang dan merupakan kebahagiaan besar bagi kami,” kata Alonso.

"Trofi ini milik banyak orang dan kami harus menikmatinya," tutup dia.

Baca juga: Lima pemain kunci kesuksesan Bayer Leverkusen
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024