Beijing (ANTARA) - Serangkaian langkah baru akan diadopsi pada tahun ini untuk mempermudah orang-orang yang memiliki asuransi dalam mendapatkan penggantian biaya (reimburse) pengobatan mereka, menurut Administrasi Jaminan Perawatan Kesehatan Nasional (National Healthcare Security Administration/NHSA) China.

Orang-orang akan dapat membayar tagihan mereka di rumah sakit dan apotek tidak hanya dengan kartu asuransi kesehatan, tetapi juga melalui kode QR atau melalui pengenalan wajah, kata Fu Chaoqi, seorang pejabat NHSA, dalam sebuah konferensi pers pada pekan lalu.

Fu mengatakan orang-orang yang memiliki asuransi akan dapat mengajukan permohonan dan memeriksa informasi dengan lebih mudah secara daring.

Selain itu, pihak berwenang akan merampingkan prosedur yang diperlukan bagi orang tua untuk memungkinkan bayi mereka ditanggung oleh skema asuransi kesehatan nasional dan bagi para ibu untuk mendapatkan penggantian biaya medis yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan. 

Orang-orang berkebutuhan khusus akan menikmati kebijakan istimewa terkait premi asuransi kesehatan, tanpa perlu mendaftar atau membayar terlebih dahulu.

"Kemajuan lainnya adalah berkurangnya waktu yang dibutuhkan oleh orang yang memiliki asuransi untuk menerima penggantian biaya," kata Fu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024