Kondisi yang cukup padat pada Lebaran tahun ini dimulai dari Kamis (11/4) kemarin sampai Sabtu (13/4), bahkan hari ini keramaian juga masih terlihat,
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Perhubungan menyebut sebanyak 17.922 orang yang berwisata ke Pulau Weh Sabang, Aceh,  pada momentum libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Husaini, Senin, mengatakan data tersebut berdasarkan data kedatangan di Sabang mulai 1-13 April 2023. Peningkatan penumpang kapal penyeberangan mulai terlihat H-7, hingga puncaknya H+4 Lebaran.

"Kondisi yang cukup padat pada Lebaran tahun ini dimulai dari Kamis (11/4) kemarin sampai Sabtu (13/4), bahkan hari ini keramaian juga masih terlihat," kata Husaini.

Baca juga: Lebaran jadi tuas pendongkrak sektor parekraf

Per 1-13 April 2024, penumpang yang tiba di Sabang tercatat mencapai 17.922 orang, dan yang berangkat dari Sabang ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sebanyak 16.511 orang.

Secara keseluruhan, lanjut dia, penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut Sabang-Banda Aceh atau sebaliknya sebanyak 34.433 orang, dengan turut membawa 6.951 unit kendaraan roda dua dan 2.043 unit kendaraan roda empat.

"Sampai hari ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Sabang, dengan memanfaatkan dua hari terakhir libur Lebaran, bersamaan dengan arus balik,” ujarnya.

Baca juga: Pantai di Pesisir Barat ramai dikunjungi wisatawan di libur Lebaran

Enam trip kapal Ferry Roro dan empat hingga lima trip kapal Express Bahari dioperasikan. Dipastikan semua penumpang terangkut.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi berharap peningkatan kunjungan tersebut dapat berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekaligus ajang mempromosikan Pulau Weh ke lebih luas lagi.

"Bagi wisatawan, selamat berlibur, selamat menikmati keindahan alam, budaya, serta histori Kota Sabang, dan jaga kelestarian alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024