hingga Senin siang wisatawan yang datang ke Goa Sunyaragi jumlahnya mencapai 2.359 pengunjung
Kota Cirebon (ANTARA) -
Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) menyebutkan bahwa objek wisata sejarah yang berada di ruas arteri Kota Cirebon, Jawa Barat, itu dikunjungi ribuan wisatawan selama libur panjang Lebaran 2024.
 
Kepala Bagian Humas dan Pemasaran BPTAGS Eko Ardi Nugraha mengatakan hingga Senin siang wisatawan yang datang ke Goa Sunyaragi jumlahnya mencapai 2.359 pengunjung dan diprediksi bakal bertambah sampai Senin sore.
 
“Dari tanggal 10-14 April 2024, objek wisata Goa Sunyaragi ramai dikunjungi wisatawan khususnya yang berasal dari Jakarta, Bandung, Brebes, Semarang dan kota besar lain,” kata Eko saat dikonfirmasi di Cirebon, Senin.
 
Menurut dia, jumlah kunjungan itu menjadi capaian yang positif karena Goa Sunyaragi sendiri merupakan salah satu situs sejarah penting di Kota Cirebon.
 
Ia menjelaskan dibandingkan destinasi lainnya, Goa Sunyaragi tidak hanya dijadikan tempat untuk rekreasi tetapi difungsikan juga sebagai pusat edukasi bagi pengunjung yang ingin mengetahui tentang riwayat peninggalan dari Keraton Kasepuhan Cirebon.

Baca juga: Pemkot Cirebon targetkan 4 juta turis datang berwisata pada 2024

Baca juga: Pemkot Cirebon aktifkan Gedung Bundar jadi zona ekonomi kreatif
 
“Objek Wisata Goa Sunyaragi merupakan situs bersejarah di Kota Cirebon. Situs Sunyaragi menjadi salah satu tanah wewengkon Kasultanan Kasepuhan yang bertujuan untuk pelestarian dan edukasi,” ujarnya.
 
Eko menyampaikan berdasarkan data, kunjungan turis domestik ke Goa Sunyaragi mulai terjadi pada H+1 Lebaran 2024 dengan jumlah wisatawan yang singgah sekitar 543 orang.
 
Kemudian, angkanya meningkat menjadi 621 wisatawan pada H+2 Lebaran karena banyak masyarakat yang ingin mengeksplorasi jejak kejayaan dari Kesultanan Kasepuhan Cirebon itu.
 
“Pada Sabtu (13/4) jumlahnya mencapai 821 orang, dengan waktu kedatangan pengunjung terbanyak saat siang dan menjelang sore. Setelahnya pada Minggu (14/4), jumlah pengunjung kembali normal sebanyak 374 orang,” tuturnya.
 
Ia menyebutkan selama masa libur tersebut, sejumlah pihak telah berkontribusi untuk menjamin keamanan dan kelancaran aktivitas pengunjung di Goa Sunyaragi.
 
Oleh karenanya, BTAGS pun memberikan apresiasi kepada seluruh pihak karena telah membuat Goa Sunyaragi sebagai lokasi yang nyaman untuk mengisi waktu libur panjang.
 
“Kami mengucapkan terima kasih bagi pihak keamanan khususnya dari Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614, juga kepada rekan-rekan pers yang ikut mempromosikan Goa Sunyaragi sebagai tujuan wisata,” ucap dia.
 
Ia menambahkan objek wisata Goa Sunyaragi buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB, dengan harga tiket umum sebesar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per orang.
 
“Tiket objek wisata ini juga bisa dibeli secara daring atau melalui laman Cirebon Tiket dengan harga terjangkau,” kata dia.

Baca juga: Disbudpar Kota Cirebon luncurkan lima destinasi gaet kunjungan turis

Baca juga: Pemkot Cirebon tambah wisata sejarah untuk tingkatkan kunjungan turis

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024