Kami imbau masyarakat membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan resmi Pertamina agar mendapatkan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp16.000
Situbondo (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR Nasim Khan mendatangi Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, guna memastikan pasokan atau suplai elpiji tabung 3 kilogram tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran, Senin.

"Apa yang dirasakan masyarakat (kesulitan mendapatkan elpiji melon) hanya kekhawatiran saja, secara umum suplai LPG aman," kata Nasim Khan dalam keterangannya di Situbondo, Jawa Timur.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Pertamina dalam menyuplai elpiji 3 kilogram sudah luar biasa, dan bahkan Pertamina juga telah menambah pasokan sejak menjelang jelang Lebaran lebih dari 40.000 tabung untuk menambah rasa aman masyarakat.

"Kami imbau masyarakat membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan resmi Pertamina agar mendapatkan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp16.000," kata Nasim Khan.

Secara terpisah, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Ahad Rahedi mengatakan Pertamina telah melakukan tambahan 42.560 tabung LPG atau 188 persen dari konsumsi normal harian masyarakat Situbondo.

"Hal ini dilakukan guna menambah rasa aman dan nyaman masyarakat saat pelaksanaan Idul Fitri. Tak hanya sektor transportasi arus mudik yang perlu didukung dengan penebalan BBM, sektor domestik juga dilakukan upaya penebalan stok LPG 3kg yang diprediksi naik konsumsinya 5,3 persen," kata Ahad.

Ahad Rahedi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembelian berlebih dan membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan resmi Pertamina untuk mendapatkan harga eceran tertinggi Rp16.000.

"Tak bosan-bosannya kami mengingatkan kepada masyarakat agar membeli LPG 3kg di pangkalan resmi," katanya.

Gubernur Jatim juga telah menetapkan subsidi harga LPG agar masyarakat yang berhak dapat membeli dengan harga terjangkau, tapi hal ini dimanfaatkan untuk meraup keuntungan oleh pengecer.

"Kami juga merasa sangat disayangkan menambah tabung apabila masih dinikmati oleh pengecer," kata Ahad.

Aha Rahedi menambahkan, di Kabupaten Situbondo terdapat sebanyak 404 pangkalan resmi LPG 3kg.

"Apabila dibagi dengan jumlah desa di Situbondo, maka jumlah rasionya sudah mencapai minimal 2-3 pangkalan LPG resmi Pertamina di Situbondo. Jadi harapannya tidak ada alasan dari sisi keterjangkauan. Untuk mengetahui pangkalan resmi terdekat silakan telepon call center Pertamina 135," kata Ahad.

Baca juga: Waka Komisi VII ingatkan urgensi ketegasan aturan subsidi elpiji 3 kg
Baca juga: Legislator apresiasi Pertamina berhasil jaga kuota subsidi

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024