Kami berharap sampai akhir pekan angka kunjungan tetap tinggi karena libur sekolah belum berakhir.
Cianjur (ANTARA) - Pengelola Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama libur panjang hari raya, sekitar 15 ribu wisatawan dan pemudik memadati objek wisata alam yang tetap menjadi favorit setiap tahun terutama bagi warga Jabodetabek.

General Manager Corporate Communication Kebun Raya Cibodas Zaenal Arifin saat dihubungi, Senin, mengatakan angka kunjungan wisatawan sudah terlihat meningkat sejak hari kedua Lebaran dimana angka kunjungan mencapai 1.000 orang didominasi wisatawan lokal.

"Namun pada tanggal 11 dan 12 April melonjak hingga 4.500 pengunjung dan terus meningkat hingga tanggal 14 April, dimana angka kunjungan lebih dari 15 ribu wisatawan didominasi wisatawan asal Jabodetabek," katanya pula.

Dia menjelaskan, meski puncak kunjungan sudah terjadi pada Sabtu dan Minggu dengan angka kunjungan mencapai 15 ribu, pihaknya mencatat masih terjadi peningkatan di hari Senin ini, atau hari terakhir libur panjang hari raya, dimana wisatawan yang datang didominasi pemilir.

Hingga Senin petang, angka kunjungan masih tinggi sekitar 1.000 orang didominasi pemilir yang beristirahat sambil berwisata sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke kota asalnya masing-masing.

"Kami berharap sampai akhir pekan angka kunjungan tetap tinggi karena libur sekolah belum berakhir, ditambah masih banyak yang melakukan halalbihalal ke sanak saudaranya di kawasan Puncak-Cianjur termasuk yang sudah pesan lokasi di kebun raya," katanya pula.

Sementara pengunjung yang juga pemilir menilai Kebun Raya Cibodas merupakan objek wisata favorit yang setiap Lebaran kerap mereka kunjungi termasuk untuk menggelar acara keluarga besar setelah Lebaran, karena dekat dari Bandung dan Jabodetabek.

"Kami setiap tahun menggelar halalbihalal di Kebun Raya Cibodas, karena tempatnya strategis mudah dijangkau dari Jabodetabek dan Bandung, kebetulan keluarga besar kami tersebar di sejumlah wilayah termasuk di Cianjur," kata pemilir asal Tangerang Ricca Erfina.

Hal senada terucap dari wisatawan asal Sumatra Utara Arman Baehaki yang sengaja mampir ke Kebun Raya Cibodas sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke kota asal melalui darat, setelah mudik dari kampung halamannya Cianjur Selatan.

"Dua tahun sekali saya pulang ke Pagelaran-Cianjur, untuk merayakan hari raya bersama keluarga, hari ini kami kembali ke perantauan tapi mampir dulu ke Kebun Raya Cibodas karena belum pulang ke Cianjur kalau tidak mampir dulu berwisata," katanya lagi.
Baca juga: Kebun Raya Cibodas mencatat wisatawan asal Jakarta meningkat
Baca juga: Bunga bangkai raksasa mekar sempurna saat libur lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024