Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya sedang mendalami laporan terkait pengendara mobil yang bersikap arogan dan menggunakan nomor pelat dinas Mabes TNI di jalan tol.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi Senin, membenarkan adanya laporan tersebut. "Benar, saya terima laporan tanggal 14 April 2024," katanya.
 
Ade Ary menyebutkan, laporan tersebut sedang ditangani Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.
 
Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar memastikan nomor pelat dinas Mabes TNI tersebut palsu.
 
"Pengemudi arogan yang menggunakan pelat dinas Mabes TNI ternyata pelat dinas palsu, pemilik asli sudah lapor ke Kepolisian karena merasa dirugikan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.
 
Sedangkan pemilik asli nomor kendaraan tersebut adalah Marsekal Muda (Purn) TNI Asep Adang Supriyadi yang telah melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya.
 
"Kami telah membuat laporan pengaduan di Mapolda Metro Jaya guna membantu tercapainya titik terang dari permasalahan ini," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Polisi tangkap pengemudi ugal-ugalan dan berpelat dinas palsu di Jakut
Baca juga: Pelaku "koboi jalanan" pakai pelat dinas palsu agar bebas jalur busway
 
Marsekal Muda (Purn) TNI Asep Adang Supriyadi saat melaporkan pengemudi arogan yang menggunakan pelat dinas yang dia gunakan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Minggu (14/4/2024). ANTARA-HO Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Asep memutuskan untuk melaporkan karena merasa dirugikan dengan pengendara tersebut. Dia juga menyatakan tidak pernah meminjamkan pelat nomor tersebut ke orang lain.
 
"Kami pribadi tidak pernah memberikan, meminjamkan ataupun mendelegasikan penggunaan nomor pelat dinas tersebut kepada orang lain," katanya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, 
‚Äčkejadian tersebut terjadi di KM 57 sebelum Rest Area Tol Cikampek.
 
Sebelumnya beredar video viral di media sosial yang dibagikan oleh akun @jakartaselatan24jam yang diunggah pada Jumat (12/4). Di dalam video tersebut terlihat mobil Toyota Fortuner berpelat dinas TNI bersikap arogan dengan berkendara secara ugal-ugalan.
 
"Seorang pengemudi Toyota Fortuner yang menggunakan plat dinas TNI terlibat perselisihan dengan pengendara lain di jalan tol. Pria tersebut mengaku berdinas di TNI dan juga merupakan adik dari seorang jenderal," tulis akun tersebut.
Baca juga: Polda Metro tertibkan penggunaan pelat nomor dinas cegah pemalsuan
Baca juga: Puspom TNI serahkan mobil pakai pelat dinas TNI palsu ke PMJ

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024