Kami harap situasi ini masih dalam status hijau sampai masa arus balik selesai
Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyebutkan bahwa masih ada 40 ribu kendaraan yang masih belum menyeberang ke Pulau Jawa pada masa arus balik Lebaran 2024.

"Data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Bakauheni, hingga kini sudah 107 ribu kendaraan telah menyeberang ke Pulau Jawa," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Senin.

Menurut Kapolda, saat ini sudah 107 kendaraan menyeberang ke Pulau Jawa, sehingga masih menyisakan sekitar 40 ribu kendaraan lagi yang belum balik ke Pelabuhan Merak.

"Berdasarkan data arus mudik hingga Kamis (11/4) kendaraan yang turun di Bakauheni dari Merak berjumlah 156.436, sehingga dengan kedaraan yang sudah menyeberang sekitar 107 ribu, artinya masih ada sekitar 40 ribu lagi kendaraan yang belum kembali," kata dia.

Baca juga: Menhub sebut penyeberangan Sumatera-Jawa ditambah jadi 146 trip
Baca juga: ASDP: 37.500 orang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+2 Lebaran


Kapolda menegaskan bahwa kendaraan yang belum kembali ke Pulau Jawa tersebut masih tetap menjadi atensi pihaknya, guna memberikan pelayanan yang baik pada masa arus balik.

"Ini juga menjadi konsentrasi kami, 40 ribu kendaraan yang belum balik dalam sisa waktu arus balik," kata dia.

Ia pun mengungkapkan bahwa setelah melakukan peninjauan langsung bak ke dermaga reguler dan eksekutif di Pelabuhan Bakauheni, semua berjalan baik, bahkan tidak ada antrean
​​​​​​panjang di pintu tol.

"Semalam juga meski puncaknya tidak sampai kami berlakukan sistem tunda (delaying system). Kami harap situasi ini masih dalam status hijau sampai masa arus balik selesai," kata dia.

Baca juga: ASDP Ketapang mencatat 130.554 orang menyeberang ke Gilimanuk
Baca juga: Basarnas dan Pemkab Banyuwangi kolaborasi patroli udara arus balik
Baca juga: ASDP Ketapang-Gilimanuk mulai hari ini "skrining" kendaraan roda empat

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024