empat hari pasca Lebaran tidak ada insiden, mudik ini berjalan lancar
Mataram (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Mohammad Rum melepas 325 orang program balik gratis rute Bima - Makassar pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pj Wali Kota Bima, Mohammad Rum mengatakan pelepasan penumpang gratis bersama jajaran Forkopimda ini untuk memastikan arus mudik dari Kota Bima ke Makassar pasca Lebaran terjaga dengan baik.

"Tiket gratis ini disediakan Kementerian Perhubungan. Untuk Kota Bima sebanyak 325 orang," kata Wali Kota saat melepas pemudik rute Bima-Makassar di Pelabuhan Bima, melalui siaran pers diterima di Mataram, Senin.

Ia berharap bagi para pemudik untuk dapat menerima semua ini sebagai suatu keberkahan, juga senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan selama perjalanan mudik.

"Bagi para pemudik, dahulukan untuk berpikir positif, karena saat ini masih dalam bulan Syawal, jaga kesehatan dan keamanan diri masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Madiun berangkatkan delapan bus program balik gratis 2024
Baca juga: 810 pemilir "Mudik Gratis Naik Kapal Perang" tiba di Jakarta


Rum berharap ke depan kuota ini dapat ditambah mengingat tingginya animo masyarakat yang ingin program balik gratis.

Sementara itu, Kapolres Bima Kota, Yudha Pranata, mengatakan pengamanan satuan terpadu sudah mengantisipasi lonjakan penumpang dengan penempatan personil melakukan sterilisasi.

"Sampai detik ini empat hari pasca Lebaran tidak ada insiden, mudik ini berjalan lancar," ujarnya.

Yudha berharap selama perjalanan agar tertib serta mengikuti aturan, karena dalam perjalanan ini pun memiliki resiko tinggi.

Pelepasan penumpang ini dihadiri jajaran Forkopimda, PT. Pelni dan PT. Pelindo dengan kuota gratis yang disiapkan sebanyak 325 orang rute Bima-Makassar serta sebanyak 1.243 pemudik naik rute Bima ke berbagai tujuan.

Baca juga: Kemenhub berangkatkan peserta arus balik gratis dengan 160 bus
Baca juga: Sekda Banyumas: Milir gratis bentuk kehadiran negara fasilitasi warga
Baca juga: Disnav Bali kerahkan dua kapal negara angkut pemilir dari Madura

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024