Kementerian Perhubungan menyediakan empat kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengangkut 2.481 orang peserta arus balik gratis Lebaran 2024 dengan transportasi kapal laut rute Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jateng, tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt Budi Mantoro dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan ribuan peserta arus balik tersebut diangkut dengan menggunakan kapal KM Dobonsolo dari Semarang ke Jakarta.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali melepas KM Dobonsolo mengangkut peserta arus balik gratis dengan kapal laut voyage kedua sebanyak 2.481 orang penumpang dan 1.002 unit sepeda motor, dari Pelabuhan Tanjung Emas tujuan Pelabuhan Tanjung Priok," katanya.

Budi menyampaikan selain melakukan pelepasan kapal juga sekaligus ikut berlayar di atas KM Dobonsolo hingga Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Ia merinci dari 2.481 orang, yang dimuat KM Dobonsolo terdiri atas 1.862 penumpang dewasa, 422 penumpang anak-anak, dan 197 balita, serta 1.002 unit sepeda motor.

"Alhamdulillah, sore ini semua pelayaran kapal program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2024 telah terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Budi.

Menurutnya, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun ini semakin diminati dan mendapat respons sangat positif dari masyarakat.

"Program ini tentunya sangat membantu masyarakat guna menghindari risiko kecelakaan di jalan raya, sambil memberikan kesempatan kepada pemudik untuk istirahat di dalam kapal," tutur Budi.

Menurutnya, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik Lebaran 2024 yaitu "Mudik Ceria, Penuh Makna".

Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut tidak dikenakan biaya apapun dan bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayaran serta menikmati fasilitas lainnya seperti berobat secara gratis dan hiburan di atas kapal.

"Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini, selain mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, juga dapat memberikan dampak kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang semakin optimistis," ujar Budi.

Budi juga berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, sehingga penyelenggaraan program mudik gratis bagi pemotor dengan kapal laut tahun 2024 ini berjalan dengan baik dan lancar.

"Ke depan, program mudik gratis dengan kapal laut ini diharapkan bisa terus dilaksanakan, bahkan ditingkatkan guna membantu mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan raya," ujarnya.

Dia juga mengimbau para peserta mudik gratis tetap mematuhi aturan keselamatan pelayaran dan menjaga fasilitas di atas kapal.

Budi menambahkan Kementerian Perhubungan menyediakan empat kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Keberangkatan tersebut terbagi atas dua perjalanan arus mudik dan dua perjalanan arus balik dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik telah dilaksanakan pada 5 dan 7 April 2024. Sementara, keberangkatan arus balik pertama telah dilakukan pada 13 April dengan kuota 1.705 orang dan 663 sepeda motor, menggunakan kapal yang sama yakni KM Dobonsolo.

Baca juga: Kemenhub: Peserta arus balik gratis jalur kapal laut tiba di Jakarta
Baca juga: Menhub melepas keberangkatan 9.600 pemudik gratis kapal laut
Baca juga: Kemenhub pastikan kesiapan transportasi laut di Pelabuhan Kalianget


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024