Berdasarkan data yang kami rekap kemarin, ada 5 kapal yang beroperasi dengan 23 trip kapal. Kemarin memang cukup ramai, sekitar 5.900 penumpang yang tercatat
Batam (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melayani 23 perjalanan kapal pada puncak arus balik mudik Lebaran, 14 April 2024.

General Manager ASDP Telaga Punggur Nana Sutisna di Batam, Senin, mengatakan, pada puncak arus balik, pihaknya mencatat 5.917 pemudik melakukan perjalanan melalui Pelabuhan ASDP Telaga Punggur.

"Berdasarkan data yang kami rekap kemarin, ada 5 kapal yang beroperasi dengan 23 trip kapal. Kemarin memang cukup ramai, sekitar 5.900 penumpang yang tercatat," ujar Nana.

Adapun total kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih yang melewati pelabuhan tersebut sebanyak 2.007 kendaraan.

Jika terhitung sejak arus balik mudik Lebaran, 11-14 April 2024, ASDP Telaga Punggur sudah melayani 82 perjalanan kapal, dengan total penumpang mencapai 20.032 pemudik.

"Memang berdasarkan data penumpang paling ramai di hari kemarin (14/4), dan sejak arus balik, per harinya kami melayani 4.000-5.000 penumpang," ujar dia.

Selain itu, ASDP Telaga Punggur juga menyiapkan dua kapal tambahan untuk rute Tanjunguban - Punggur Batam pada puncak arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Nana mengatakan selain menambah armada kapal, pihaknya juga menambah trip perjalanan kapal untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang pada saat puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Senin (15/4).

"Kita memang biasa untuk yang ada empat kapal. Namun untuk saat ini kita tambah dua, jadi enam kapal untuk Tanjunguban-Punggur Batam dan itu pun sampai kita lakukan ekstra trip sampai jam dua pagi," kata Nana.

Baca juga: ASDP siapkan dua kapal tambahan rute Tanjunguban-Batam
Baca juga: ASDP Batam tambah satu armada tujuan Kuala Tungkal
Baca juga: ASDP Batam buka pemesanan tiket daring antisipasi antrean panjang

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024