Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumatera Selatan (BMKG Sumsel) mengimbau para pemudik yang melintasi daerah itu agar mewaspadai hujan ekstrem.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Veronica Sinta Andayani di Palembang, Senin, mengatakan curah hujan intensitas lebat diprediksi masih akan terjadi sepekan ke depan, serta potensi hujan ekstrem juga masih bisa terjadi hingga akhir April 2024.

Oleh sebab itu, masyarakat yang melakukan perjalanan pada momen arus balik Lebaran juga diminta tetap waspada, khususnya saat melalui jalur rawan bencana yang ada di Sumsel, seperti di wilayah Musi Banyuasin, OKU Selatan, Pagar Alam, Lahat dan sebagainya.

"Pengguna transportasi darat diharapkan juga selalu memperhatikan kondisi cuaca. April ini masih dalam periode musim hujan," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di Sumbar saat puncak arus balik

Kemudian, masyarakat yang masih merayakan libur Lebaran di lokasi-lokasi wisata alam yang ada di Sumsel juga diminta waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan kondisi cuaca dan waspada tempat-tempat wisata yg berpotensi bencana seperti banjir dan longsor," ujarnya.

Ia mengatakan prakiraan cuaca di Sumsel untuk 3 hari ke depan (16-17 April) berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi hampir di seluruh wilayah Sumsel.

"Cuaca ini dipengaruhi adanya pertumbuhan awan hujan yang masih intensif karena atmosfir yang sangat lembab dan labil. Juga akibat pola angin belokan dan konvergensi," jelasnya.

Secara umum cuaca pada siang hari di Sumsel, akan terjadi hujan lokal. Kemudian sore hingga malam potensi hujan sedang hingga lebat.

"Untuk kota Palembang masih berpotensi hujan sedang-lebat dalam 3 hari ke depan," kata Sinta.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng imbau pemudik tetap waspadai kondisi cuaca

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024