Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyampaikan kondisi arus lalu lintas di jalur mudik wilayah Limbangan-Malangbong maupun Kadungora-Leles-Garut Kota di Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali normal, Selasa pagi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi membenarkan kondisi arus lalu lintas dari Garut ke Bandung maupun sebaliknya sudah dalam keadaan normal, meski begitu masih terpantau kendaraan pemudik melintas di wilayah Garut.

"Alhamdulillah luar biasa arus lalu lintas sudah normal," kata Aang.

Ia menuturkan arus kendaraan di jalur nasional maupun provinsi di wilayah Garut cukup padat pada arus balik, terutama Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4), sehingga kepolisian memberlakukan beberapa kali satu arah prioritas dari Garut ke Bandung.

Selanjutnya arus kendaraan pemudik kembali ramai pada Senin (15/4) dari arah Garut menuju Bandung, lalu dilakukan pengurasan dengan memberlakukan satu arah sampai akhirnya lalu lintas normal Senin tengah malam menjelang Selasa dini hari.

"Malam berlangsung sampai jam 00.30 'clear' itu dari kota Garut, kalau Malangbong-Limbangan 00.00 sudah 'clear' sampai sekarang," katanya.

Ia menyampaikan arus lalu lintas kendaraan saat ini terpantau lancar, atau normal seperti hari-hari biasanya, tidak ada kepadatan yang mengharuskan polisi memberlakukan satu arah.

Kepadatan arus kendaraan, kata dia, hanya ada di sekitar pabrik karena mulai masuknya aktivitas bekerja, dan keramaian di Pasar Limbangan.

"Kepadatan hanya depan PT Pratama dan Pasar Limbangan saja," katanya.

Ia menyampaikan meski arus lalu lintas kendaraan sudah normal, jajaran personel kepolisian masih tetap siaga di jalur dan akan dilakukan penarikan personel pada Selasa pukul 00.00 WIB.

"Alhamdulillah sudah habis, normal, penarikan (personel) nanti malam 00.00," kata Aang.

Baca juga: Polisi sebut pengurasan arus balik kendaraan masih terjadi di Garut
Baca juga: Tim SAR cari anak yang hilang terseret arus selokan di Garut

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024