Beijing (ANTARA) - Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh 5,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal pertama (Q1) 2024, tunjuk data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) pada Selasa (16/4).

PDB negara tersebut mencapai 29,63 triliun yuan atau sekitar 4,17 triliun dolar AS selama periode ini, menurut data NBS.

Dalam basis kuartalan, ekonomi China meningkat 1,6 persen dalam tiga bulan pertama.

"Pembangunan berkualitas tinggi di China menghasilkan sejumlah pencapaian baru di Q1. Perekonomian nasional mempertahankan momentum pemulihan dan memulai awal yang baik," kata Sheng Laiyun, Wakil Direktur NBS, dalam sebuah konferensi pers.

Sheng menyebutkan berbagai faktor positif selama periode tersebut seperti meningkatnya permintaan produksi, lapangan kerja dan harga yang stabil, serta kepercayaan pasar yang meningkat.

"Faktor-faktor positif yang mendorong pemulihan ekonomi ini terakumulasi dan menguat, meletakkan dasar yang kuat untuk pertumbuhan setahun penuh," kata Sheng.

Sheng mengaitkan momentum positif pada Q1 ini dengan implementasi kebijakan pemerintah yang mendukung dan upaya pengendalian makro yang intensif.

PDB China tumbuh 5,2 persen (yoy) pada tahun lalu dan negara ini menargetkan pertumbuhan ekonomi setahun penuh di kisaran 5 persen untuk 2024. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024