Pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 8.01 LS, 122.38 BT atau 70 kilometer Timur Laut Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, dengan kedalaman 10 km
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer bermagnitudo 3,0 yang mengguncang Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gempa tersebut terjadi pada Selasa (16/4) sekitar jam 23.55 WIB atau Rabu (17/4) 00.55 WIB, seperti dikutip dari akun resmi X @infoBMKG.

Pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 8.01 LS, 122.38 BT atau 70 kilometer Timur Laut Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: BMKG: Gempa M5,0 di Alor NTT tidak berpotensi tsunami

Informasi yang sama menyatakan bahwa data yang disampaikan mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Baca juga: 85 gempa tektonik menggetarkan Sulut dalam sepekan

Baca juga: Gempa magnitudo 5,4 terjadi di Tanggamus Lampung

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024