Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik dari hari Selasa masih dapat dinikmati hari ini, seperti Gunung Semeru yang kembali erupsi selama 118 detik.

Ada juga berita-berita lain yang dapat dibaca, seperti pekerja seni minta aturan tembakau di RPP Kesehatan dikaji ulang, Kepala BP2MI sebut barang kiriman PMI yang tertahan akan dikeluarkan, 838 warga akan dievakuasi ke Tagulandang pascaletusan Gunung Ruang, serta status Gunung Ruang di Sitaro yang dinaikkan menjadi Siaga.

1. Gunung Semeru kembali erupsi selama 118 detik

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) kembali erupsi selama 118 detik pada Senin malam pukul 21.31 WIB.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Sigit Rian Alfian dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang mengatakan, tinggi kolom erupsi tidak teramati. Dia mengatakan, erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi 118 detik.

2. Pekerja seni minta aturan tembakau di RPP Kesehatan dikaji ulang

Pelaku seni dan budaya meminta pemerintah agar mengkaji ulang serta tidak terburu-buru dalam mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan yang merupakan aturan pelaksana Undang-Undang (UU) Kesehatan.

Hal tersebut lantaran adanya sejumlah pasal kontroversial terkait tembakau dalam aturan tersebut. Komika, Kamal Ocon, melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (15/4), menyayangkan adanya aturan tembakau di RPP Kesehatan yang dinilai akan sangat berdampak negatif bagi para pelaku seni kreatif, termasuk stand-up comedy.

3. Kepala BP2MI sebut barang kiriman PMI yang tertahan akan dikeluarkan

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani memastikan barang-barang milik pekerja migran Indonesia (PMI) yang saat ini tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Emas akan segera dikeluarkan untuk pengiriman.

"Rapat tadi menyetujui agar barang-barang milik PMI tersebut segera dikeluarkan, yang pengaturannya atau otoritas kebijakannya diserahkan kepada pihak bea cukai," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam konferensi pers diikuti secara daring dari Jakarta pada Selasa.

4. 838 warga akan dievakuasi ke Tagulandang pascaletusan Gunung Ruang

Sebanyak 838 warga yang bermukim di Pulau Ruang akan dievakuasi ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pascaletusan Gunung Ruang, Selasa.

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana DJ Rumambi ST di Manado mengatakan, warga yang sudah mulai melakukan evakuasi mandiri sejak sore hari berada dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Api (KRB) Gunung Ruang.

5. Status Gunung Ruang di Sitaro dinaikkan menjadi Siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara menjadi Siaga.

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana DJ Rumambi, di Manado, Selasa, mengatakan statusnya sudah dinaikkan menjadi Siaga level III.

Sebelumnya, pada pukul 10.00 WITA PVMBG menaikkan status gunung api yang berada di Pulau Ruang tersebut dari Normal menjadi Waspada level II.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024