Jakarta (ANTARA) - Remote, perusahaan teknologi untuk pengembangan, pengelolaan, dan pemberian dukungan pada tenaga kerja yang tersebar secara global, hari ini merilis daftar final 100 kota tujuan teratas di dunia untuk kerja jarak jauh.

"Kerja jarak jauh memungkinkan para profesional mempertahankan karier di mana pun mereka merasa paling terinspirasi, produktif, dan seimbang," kata Job van der Voort, CEO dan co-founder Remote, dalam siaran resmi pada Rabu.

"Daftar kota tujuan teratas di dunia untuk kerja jarak jauh di tahun ini, mencerminkan tidak hanya tempat terbaik untuk tinggal dan bekerja jarak jauh, namun juga lanskap kebutuhan yang terus berkembang dari para profesional jarak jauh untuk berikhtiar di dunia pasca-pandemi,” kata dia.

Adapun 10 kota teratas dalam daftar itu meliputi Madrid (Spanyol), Madeira (Portugal), Toronto (Kanada), Auckland (Selandia Baru), Tokyo (Jepang), Paris (Prancis), Portland, Maine (Amerika Serikat), Taipei (Taiwan), Stockholm (Swedia), dan Reykjavík (Islandia).

Baca juga: Ini 5 bidang pekerja RI yang paling sering direkrut perusahaan asing

Daftar itu disusun berdasarkan analisis mendalam terhadap berbagai faktor yang mencakup kualitas hidup, keamanan, infrastruktur internet, ekonomi, perjalanan, dan banyak lagi.

Daftar tersebut juga memanfaatkan data terbaru untuk memberikan panduan kepada para pencari kerja digital dan profesional jarak jauh lainnya dalam membuat keputusan tepat dan selaras dengan preferensi pribadi dan tujuan profesional mereka.

"Salah satu aspek paling menarik dari pekerjaan yang tersebar di banyak lokasi adalah dimungkinkannya peluang pertukaran budaya, ide, dan inovasi serta terciptanya komunitas yang berkembang," kata Job van der Voort.

Baca juga: Kiat agar perusahaan sukses adopsi model kerja jarak jauh

"Kami sangat ingin menyaksikan dampak positif yang akan dirasakan masyarakat global terhadap destinasi pilihan mereka," kata dia.

Remote pertama kali menerbitkan daftar "Kota Tujuan Terbaik untuk Kerja Jarak Jauh" pada tahun 2021, saat jenis kerja yang tersebar di beragam lokasi masih relatif baru, dan sejalan dengan larangan perjalanan masih berlaku di beberapa negara.
Tampilan Remote via desktop (ANTARA/HO-Remote)


Kini, seiring dengan peralihan konsep kerja jarak jauh dari sebuah kebutuhan menjadi pilihan gaya hidup bagi banyak orang, desakan untuk memilih kota tujuan yang tepat pun menjadi semakin penting.

Remote memperbarui daftarnya dengan menambah beragam faktor baru yang mencerminkan kondisi saat ini, termasuk inflasi dan ketersediaan visa digital nomad, yang kini ditawarkan oleh lebih dari 50 negara.

Baca juga: Survei: 50 persen usaha di Indonesia permanenkan pola kerja jarak jauh

Adapun daftar lengkap 100 Kota Tujuan Terbaik untuk Kerja Jarak Jauh bisa disimak melalui remote.com/best-destinations-remote-work sekaligus menjadi cara interaktif untuk menemukan kota tujuan terbaik kerja jarak jauh berdasarkan faktor-faktor yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Anda bisa mendaftar atau mempelajari tentang Remote melalui laman remote.com.

Anda juga bisa menemukan pekerjaan jarak jauh di banyak perusahaan terkemuka melalui fasilitas Remote Talent, sementara bagi pekerja lepas yang juga nomad digital dapat menggunakan fasilitas Remote Freelancer Hub untuk mengelola dan menagih pembayaran klien. Remote turut menawarkan layanan imigrasi dan relokasi untuk memudahkan perusahaan mempertahankan karyawan berprestasi yang ingin pindah ke luar negeri.

Berikut 10 kota tujuan teratas di dunia untuk kerja jarak jauh 2024:

Madrid - Spanyol
Madeira - Portugal
Toronto - Kanada
Auckland - Selandia Baru
Tokyo - Jepang
Paris - Prancis
Portland (Maine),- Amerika Serikat
Taipei - Taiwan
Stockholm - Swedia
Reykjavík - Islandia


Baca juga: Survei: 83 persen pekerja di Indonesia ingin opsi kerja jarak jauh

Baca juga: Pengembara digital, bekerja rasa wisata

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024