Lampung Selatan (ANTARA) - Aktivitas kendaraan pemudik arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Merak, Banten, ramai lancar pada Rabu atau H+6 Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Rabu sore pukul 14.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB, kendaraan roda empat, bus, dan truk, yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak terlihat ramai lancar di area Pelabuhan Bakauheni.

Suasana kantong parkir di dermaga eksekutif dan reguler juga tampak ramai. Ratusan pemudik dengan kendaraan roda empat memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean naik ke geladak kapal.

Kendaraan pemudik didominasi oleh plat Sumatera. Namun, terlihat juga beberapa plat daerah Jawa seperti B, A, dan D, dan F.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Baca juga: Aktivitas penyeberangan rute Bakauheni-Merak pada H+6 menurun
Baca juga: Pemilik tiket Bakauhen terbantu penyeberangan Pelabuhan Panjang


General Manager PT ASDP Feri Indonesia Cabang Bakauheni Rudi Sunarko di Bakauheni, Rabu mengatakan berdasarkan data 24 jam dari posko ASDP cabang Bakauheni untuk jumlah kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke pulau Jawa sebanyak 24.847 unit. Jumlah itu juga mengalami penurunan dari satu hari lalu yang tercatat sebanyak 36.136 unit.

Ia menjelaskan penumpang kendaraan terbagi menjadi empat kendaraan yakni roda dua, roda empat, bus dan truk dan kendaraan besar.

"Untuk jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 9.181 unit, roda empat 13.207 unit, bus 674 unit, dan truk kendaraan besar 1.785 unit," katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada para pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari. "Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal feri mulai 11 Desember 2023.

Baca juga: ASDP Ketapang mencatat 130.554 orang menyeberang ke Gilimanuk
Baca juga: Menhub sebut penyeberangan Sumatera-Jawa ditambah jadi 146 trip
Baca juga: ASDP: Pemilik tiket Bakauheni dapat menyeberang via Pelabuhan Panjang


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024