Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) kembali menduduki posisi terunggul untuk tiga dari lima broad subject areas yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subjects.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro di Kampus UI Depok, Rabu, mengatakan kenaikan peringkat UI pada broad subject dan narrow subject dalam QS WUR by Subject 2024 sebagai wujud keseriusan UI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Tahun ini peringkat tiga broad subject UI di tingkat global meningkat. Arts & Humanities dari 224 menjadi 220, Social Sciences & Management dari 152 menjadi 151, dan Life Sciences & Medicine dari 354 menjadi 349," katanya.

Menurut dia ini prestasi yang membanggakan. "Semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan, sehingga UI mampu menghadirkan pendidikan yang berkualitas di tingkat nasional dan global,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Biro Transformasi, Manajemen Resiko dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI Vishnu Juwono menjelaskan, hasil QS WUR by Subjects 2024 ini menunjukkan perbaikan kinerja akademik serta riset dan publikasi dari UI di tingkat fakultas maupun program studi (prodi) tidak hanya kinerja di level nasional, tetapi juga regional.

Ia mengatakan UI juga tetap mendominasi untuk kategori broad subjects dengan meraih posisi nomor 1 di tiga dari lima kategori broad subjects. Ditambah posisi 13 specific subjects yang meraih lima besar di Asia Tenggara.

Selain posisi broad subject yang unggul, UI juga mengalami peningkatan capaian pada narrow subject. Tahun lalu, sebanyak 13 narrow subject keilmuan UI menempati peringkat 1 di Indonesia, kini meningkat menjadi 20 narrow subject.

Di tingkat Asia Tenggara, beberapa narrow subject UI menempati peringkat yang apik, yakni Linguistics pada peringkat 4, kemudian Architecture and Built Environment (5), Theology, Divinity and Religious Studies (4), History (3), Modern Languages (5), Performing Arts (4), Accounting and Finance (5), Anthropology (3), Communication & Media Studies (4), Development Studies (3), Law & Legal Studies (4), Politics (3), dan Sociology (4).

QS WUR by Subjects 2024 diikuti oleh 1.559 institusi dengan 64 universitas merupakan peserta baru. Pemeringkatan ini menampilkan 55 narrow subject yang dikelompokkan dalam lima broad subject.

Terdapat lima indikator dalam pemeringkatan, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index, dan International Research Network (IRN).

Baca juga: UI kolaborasi dengan kampus di Korsel kembangkan industri teknologi

Baca juga: UI perluas kerja sama dengan Universitas di Chile
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024