Kabupaten Bogor (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mencatat sebanyak 1,1 juta kendaraan melintas di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama momentum libur Lebaran 1445 Hijriah.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama di Cibinong, Rabu, mengungkapkan 1.165.237 kendaraan tersebut melintas keluar masuk Jalur Puncak selama Operasi Ketupat Lodaya pada 4-16 April 2024.

"Jumlah tersebut terdiri dari kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak maun arah sebaliknya. Baik kendaraan roda empat, roda dua, bus dan truk," ungkap Rizky.

Ia menyebutkan, puncak kepadatan kendaraan di jalur yang menghubungkan Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu terjadi pada 13 April 2024 dengan jumlah 137.438 kendaraan.

Berdasarkan data Satlantas Polres Bogor, jumlah kendaraan yang melintas di Jalur Wisata Puncak pada libur Lebaran tahun ini mengalami peningkatan sekitar 30 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Rizky mengaku bersyukur karena tidak terjadi kemacetan parah di Jalur Puncak pada libur Lebaran tahun ini.

"Alhamdulillah tahun ini berjalan dengan lancar tidak ada stuck, memang ada beberapa kendala hambatan tetapi bisa kami atasi," tuturnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu memastikan arus mudik dan aktivitas wisata di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berjalan lancar tanpa gangguan.

Asmawa pun mengapresiasi jajaran Polres Bogor, TNI dan relawan yang ikut mengawal arus lalu lintas selama Idul Fitri 1445 Hijriah sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

"Saya telah imbau masyarakat untuk mematuhi seluruh rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan," kata Asmawa yang juga merupakan Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Polres mencatat jalur utama Cianjur kembali normal setelah lebaran

Baca juga: Polres Bogor pastikan tidak ada "stuck" pada arus wisata di Puncak



 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024