Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyebut ruas tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) dilalui sebanyak 78.936 kendaraan selama periode libur dan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dan arus lalulintas berlangsung aman dan lancar.

Kepala Cabang Tol Sibanceh Hutama Karya Totok Masyadi, Rabu, mengatakan pihaknya melakukan perhitungan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan periode Lebaran tersebut sejak 3-16 April 2024.

"Selama periode ini trafik kendaraan yang masuk ke ruas Tol Sigli - Banda Aceh meningkat sebesar 88 persen jika dibandingkan dengan VLL normal, dengan total kumulatif 78.936 kendaraan yang melintas," kata Totok di Aceh Besar.

Ia mengatakan Hutama Karya mengoperasikan lima seksi ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) selama libur panjang momentum hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Di antaranya seksi 2 Seulimeum-Jantho dengan panjang 6,35 kilometer, seksi 3 Jantho - Indrapuri sepanjang 16 kilometer, seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer.

Kemudian, seksi 5 Blang Bintang - Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer dan seksi 6 Kuta Baro - Baitussalam memiliki panjang 5 kilometer.

Menurut dia, pada Minggu (14/4) merupakan volume tertinggi lalulintas kendaraan selama periode Lebaran, yakni mencapai 10.380 kendaraan pengguna tol Sibanceh pada hari itu

Kata dia, perjalanan pengguna ruas tol Sibanceh tidak terlalu didominasi oleh arus mudik dan balik, akan tetapi juga merupakan perjalanan wisata sehingga peningkatan trafik setelah Lebaran hampir dua kali lebih besar daripada sebelum Lebaran.

"Kendaraan yang melintas ruas Tol Sibanceh pada Selasa (16/4) sebanyak 4.655 kendaraan, volume trafik mulai melandai seiring dengan berakhirnya libur bersama Lebaran," katanya.

Ia menambahkan, dari lima seksi tol Sibanceh yang beroperasi, hanya tiga seksi yang dikenakan tarif tol bagi setiap pengguna yakni seksi 2, seksi 3 dan seksi 4.

Sementara untuk seksi 5 dan 6 dari masih gratis dilalui pengguna tol, karena belum memiliki surat keputusan besaran tarif.
Baca juga: SIG pasok 236 ribu ton semen untuk pembangunan Tol Sibanceh
Baca juga: Pembangunan ruas Tol Trans Sumatera Aceh hingga Langsa masuk tahap III

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024