Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (17/4), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Ganjar nilai amicus curiae dorong MK putuskan perkara dengan adil

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai pengajuan amicus curiae atau sahabat pengadilan oleh Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan mendorong Mahkamah Konstitusi memutuskan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 lebih adil.

Dia meyakini amicus curiae bisa mendorong MK agar memutus perkara yang dimohonkan dengan sebaik-baiknya. Kendati demikian, menurutnya, Megawati bukan satu-satunya yang menaruh perhatian lebih ke MK.

Selengkapnya baca di sini

2. Menpan RB sebut setiap ASN di IKN dapat 1 unit hunian apartemen

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan setiap ASN yang bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mendapat satu unit hunian apartemen.

Dia mengatakan skema pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap sesuai dengan penapisan kelembagaan dan ketersediaan hunian tersebut. Menurutnya di tahun 2024 ini ada sebanyak 47 tower atau menara apartemen yang disiapkan untuk ASN.

Selengkapnya baca di sini

3. Kementerian PANRB siapkan 200 ribu formasi CASN ditempatkan di IKN

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menyiapkan 600 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan 200 ribu diantaranya bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan kebutuhan 600 ribu formasi untuk pemerintahan pusat itu berdasarkan perhitungan jumlah ASN yang pensiun sejak lima tahun lalu dan lima tahun yang akan datang.

Selengkapnya baca di sini

4. Pengamat: Prabowo berperan di balik suksesnya bantuan ke Gaza

Pengamat militer sekaligus Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan Prabowo Subianto berperan penting dibalik suksesnya bantuan lewat udara ke Gaza Palestina.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa malam, dia mengatakan keberhasilan misi kemanusiaan itu tidak lepas dari peran presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Raja Yordania Abdullah II, yang memiliki hubungan baik sehingga bantuan dari Indonesia bisa dikirim secara langsung ke Palestina.

Selengkapnya baca di sini

5. Kemhan umumkan pembelian dua kapal patroli lepas pantai buatan Italia

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di Jakarta, Rabu, mengumumkan Pemerintah RI resmi membeli dua kapal patroli lepas pantai (OPV) buatan galangan kapal Italia Fincantieri.

Dua kapal patroli itu, yang dapat ditingkatkan fungsinya menjadi fregat (FREMM), dijadwalkan tiba di Indonesia masing-masing pada Oktober 2024 dan April 2025.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024