Ada dua dusun terdampak banjir dengan total penduduk menjadi korban di dusun satu sebanyak 211 jiwa dengan 60 kepala keluarga (KK) dan dusun dua ada 52 KK dengan 173 jiwa
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Banjir bandang menerjang kawasan pemukiman warga di Desa Balongga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) sehingga mengakibatkan 73 rumah penduduk terdampak dan sembilan unit rumah tidak layak huni.

"Ada dua dusun terdampak banjir dengan total penduduk menjadi korban di dusun satu sebanyak 211 jiwa dengan 60 kepala keluarga (KK) dan dusun dua ada 52 KK dengan 173 jiwa," kata Kepala Desa Balongga Ajmain Ramadhan di Sigi, Kamis.
 
Dia mengemukakan saat ini sebagian besar warga terdampak banjir harus mengungsi di rumah kerabatnya di desa tetangga yakni Wisolo.
 
"Untuk jumlah penduduk yang mengungsi sebanyak 112 KK dengan 384 jiwa," ucapnya.
 
Ajmain menambahkan fasilitas umum yang terdampak dan mengalami kerusakan akibat banjir yakni dua sekolah, rumah adat dan satu jembatan di ruas poros Palu-Bangga.
 
"Fasilitas umum terendam banjir itu ada SMP 26 Sigi, SDN Balongga, Poskesdes Balongga, Rumah Adat dan Jembatan Balongga," katanya.
 
Menurutnya, banjir itu menggenangi pemukiman penduduk, badan jalan sebagai akses utama menuju pemukiman setinggi 50 cm.
 
Hingga saat ini satu unit alat berat jenis excavator terus melakukan pembersihan material berupa kayu, lumpur dan batu sekitar jembatan, sehingga arus lalu-lintas sementara dialihkan ke Palu-Kulawi.

Pewarta: Moh Salam
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024