Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Departemen Rekayasa Sistem CNSA Lyu Bo, dalam konferensi pers di Beijing, menyatakan, Forum Kerja Sama Antariksa China-Amerika Latin dan Karibia, yang diselenggarakan bersama oleh CNSA, Kementerian Luar Negeri China, dan pemerintah Provinsi Hubei, akan digelar di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, dari 24 hingga 26 April. 

Forum akan mencakup upacara pembukaan, forum utama, dan empat subforum yang membahas kontribusi infrastruktur antariksa terhadap pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan, eksplorasi luar angkasa dan ilmu antariksa, pengembangan inovatif rantai industri antariksa, serta tata kelola global dan peningkatan kapasitas luar angkasa, imbuhnya.

Xinhua yang dikutip di Jakarta, Rabu, menyatakan, hampir 90 delegasi dari 24 negara dan delapan organisasi internasional, termasuk para pejabat pemerintah serta industri, lembaga penelitian, dan perwakilan sektor swasta, akan menghadiri forum itu.

Menurut Lyu, serangkaian acara, termasuk Konferensi Antariksa China, Forum Seni dan Budaya Antariksa China, serta pameran popularisasi ilmu antariksa, akan diselenggarakan di Wuhan untuk merayakan Hari Antariksa China yang jatuh pada 24 April.

Para pejabat, akademisi, dan pakar dari lembaga pemerintah, Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS), universitas, dan perusahaan di sektor antariksa, juga tamu asing dari 50 negara dan kawasan serta organisasi internasional akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Selain serangkaian acara yang digelar di Wuhan, sekitar 500 kegiatan, seperti open day antariksa, kelas sains populer, kontes pengetahuan, serta pertukaran dan diskusi, akan diadakan di seluruh China.

Dimulai pada 2016 lalu, China memilih tanggal 24 April sebagai Hari Antariksa China untuk menandai peluncuran satelit pertamanya, Dongfanghong-1, ke luar angkasa pada 24 April 1970.

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024