Apabila di jalan terjadi hujan deras disertai angin kencang, lebih baik berhenti terlebih dahulu ditempat yang aman dari longsor dan pohon tumbang, untuk mengutamakan keselamatan pengendara
Lampung Selatan (ANTARA) - Personel Polres Pesisir Barat, Lampung, bergerak cepat untuk mengevakuasi pohon tumbang yang menutupi Jalan Lintas Barat di Pekon (Desa) Labuhan Mandi, Kecamatan Way Krui.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra saat dihubungi dari Lampung Selatan, Kamis, membenarkan ada pohon tumbang yang menutupi Jalan Lintas Barat dan sudah ditangani oleh petugas polisi bersama petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat dan masyarakat setempat.

"Pada pukul 19.35 WIB petugas gabungan dan beserta masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian langsung melakukan proses evakuasi pohon tumbang di Pal 9 Pekon Labuhan Mandi, Kecamatan Way Krui," kata dia.

Sesaat setelah petugas sampai di lokasi, lanjut dia, personel Polres Pesisir Barat dengan sigap membuat pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan dilanjutkan dengan memotong dan membersihkan ranting-ranting pohon yang menutupi badan jalan. 

Ia menjelaskan penyebab pohon tumbang akibat curah hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin kencang sehingga mengubah konstruksi tanah menjadi gembur.

Baca juga: Jalan lintas barat Krui-Tanggamus macet karena pohon tumbang

"Diduga karena angin kencang, sehingga pohon tumbang dan menutupi badan jalan. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Para petugas, lanjut Kapolres, menggunakan peralatan sederhana untuk memotong dahan pohon agar mudah dipindahkan.

"Pohon tumbang yang menutupi badan jalan telah berhasil dievakuasi, sekira pukul 20.40 WIB arus lalu lintas sudah mulai kembali lancar dan normal seperti biasa, sehingga situasi berjalan kondusif dan aman di wilayah hukum Polres Pesisir Barat," ujarnya. 

Oleh karena itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati di jalan karena cuaca yang tidak menentu, seperti hujan dan angin kencang yang sering terjadi sekarang ini.

"Apabila di jalan terjadi hujan deras disertai angin kencang, lebih baik berhenti terlebih dahulu ditempat yang aman dari longsor dan pohon tumbang, untuk mengutamakan keselamatan pengendara," ucapnya.

Baca juga: Pohon tumbang ganggu pengguna jalan lintas Tanggamus-Krui
Baca juga: Jalan Lintas Barat Liwa-Krui Lampung macet 2 km akibat tanah longsor


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024