Jakarta (ANTARA) - Telkomsel, operator seluler bagian dari badan usaha milik negara Grup Telkom, selama Lebaran 2024 mencatat kenaikan trafik internet sebesar 12,87 persen dibandingkan pada hari biasa.

Dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023, Telkomsel mencatat trafik internet selama Ramadhan dan Lebaran tahun 2024 lebih tinggi 15,08 persen.

Menurut siaran pers perusahaan di Jakarta pada Kamis, tahun ini lonjakan trafik komunikasi dan penggunaan layanan digital berasal dari peningkatan aktivitas game online (78,51 persen), penggunaan layanan pesan instan dan konferensi video (28,52 persen), dan streaming video (15,94 persen).

Selain itu, Telkomsel melihat kenaikan akses layanan belanja online (15,77 persen), penggunaan media sosial (14,07 persen), dan berselancar di internet (9,74 persen).

Sementara trafik internet naik, Telkomsel mendapati penggunaan layanan SMS dan suara selama Lebaran turun masing-masing 10,40 persen dan 18,52 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Telkomsel sediakan jaringan 4G di kapal mudik

Baca juga: Telkomsel persiapkan jaringan demi kelancaran komunikasi mudik Lebaran


Peningkatan aktivitas digital masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024 terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Data terbaru Telkomsel menunjukkan ada lima daerah yang mengalami peningkatan trafik internet paling tinggi, yaitu Kabupaten Tasikmalaya di Provinsi Jawa Barat (57,42 persen), Kabupaten Cilacap di Provinsi Jawa Tengah (55,25 persen), Kabupaten Ciamis di Provinsi Jawa Barat (54,48 persen), Kabupaten Garut di Provinsi Jawa Barat (47,11 persen), dan Kabupaten Cirebon di Provinsi Jawa Barat (34,49 persen).

Telkomsel juga mencatat lima daerah yang menjadi tujuan mudik dari kebanyakan pelanggannya, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap.

Wakil Direktur Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial Telkomsel Saki Hamsat Bramono menyampaikan bahwa perusahaan berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan pada hari-hari besar.

"Kami terus berkomitmen untuk memastikan kesiapan jaringan di momen-momen besar keagamaan seperti Hari Raya, dan momentum penting lainnya yang membutuhkan keandalan layanan internet," katanya.

Baca juga: Trafik internet Telkomsel naik saat libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Perusahaan nasional dinilai mampu penuhi kebutuhan internet domestik

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024