Akibat letusan gunung api di Sulut, pesawat yang melayani rute Ternate-Manado PP tidak bisa beroperasi
Ternate (ANTARA) - Seluruh aktivitas penerbangan pesawat Wings Air rute Ternate – Manado PP pada Kamis tidak dioperasikan menyusul adanya letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut) sehingga mengganggu transportasi udara.

"Akibat letusan gunung api di Sulut, pesawat yang melayani rute Ternate-Manado PP disediakan Wings Air jenis ATR600 dengan kapasitas 72 penumpang dan ATR 72-600 dengan kapasitas 77 orang tidak bisa beroperasi," kata Koordinator Pax Haldling Lion Air Cabang Ternate, Alfian Hi Logah di Ternate, Kamis.

Oleh karena itu, manajemen langsung menyampaikan ke seluruh penumpang untuk dapat ke kantor Lion Air Grup untuk mengambil uang sesuai dengan harga tiket yang dibeli, akibat force majeure.

Seperti diketahui, ada tiga pesawat Wings Air yang melayani penerbangan dari Ternate-Manado tiga kali sehari pada pagi hari dan sore hari.

Selain itu, Maskapai penerbangan Lion Air Grup menyatakan, tiket penerbangan dari Bandara Sultan Baabullah Ternate ke berbagai kota di Maluku Utara (Malut) habis terjual menyusul meningkatkan penumpang pada arus balik H+8 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ada tiga maskapai yakni Wings Air, Lion Air dan Batik Air untuk tiket penerbangan dari Ternate ke berbagai kota di wilayah Malut seluruhnya sejak H-3 lebaran Idul Fitri hingga saat H+8 ini, seluruh tiket telah habis terjual," kata

Dirinya merinci, untuk keberangkatan pesawat Wings Air dalam sehari empat kali penerbangan dan kedatangan dari Bandara Sultan Baabullah Ternate dari berbagai kabupaten di Malut hingga ke Bandara Sam Ratulangi Manado.

Begitu pula, untuk Batik Air rute Jakarta-Ternate PP, Lion Air untuk rute Makassar-Ternate PP, Jakarta-Ternate PP, Surabaya-Ternate PP dan Makassar – Ternate PP serta maskapai Super Jet Air rute Makassar – Ternate PP habis terjual.

Di samping itu, penerbangan Wings Air dari Ternate saat ini telah menjadi tujuh penerbangan sehari terdiri Ternate-Manado tiga kali sehari, dan Ternate-Labuha PP, Ternate-Morotai, Ternate-Ambon PP masing-masing satu kali penerbangan setiap hari, dengan seluruh tempat duduk sudah dibeli penumpang.

Dia menyebut, untuk pesawat rute Ternate ke berbagai kota seperti Makassar dan Jakarta menggunakan Lion Air Boeing 738 dan pesawat Airbus dengan 189 penumpang, penerbangan tiga kali sehari.

Untuk harga tiket Ternate-Labuha, Rp1.030.000 per orang, Ternate-Morotai Rp1.036.200 ribu per orang, Ternate-Manado Rp1.531.100, Ternate-Ambon Rp2.109.300, Ternate-Makassar Rp2.720.473, Ternate-Surabaya Rp3.940.052 dan Ternate-Jakarta Rp4.047.744.

Baca juga: Pertamina pastikan BBM dan operasional aman pasca erupsi Gunung Ruang
Baca juga: BNPB: 1.585 orang warga harus dievakuasi pasca-erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024