Kami yakin, produk-produk ini akan menarik minat para pengunjung dan membuka peluang bisnis baru bagi para UMKM Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pameran "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" untuk mendukung UMKM binaan memasuki pasar Singapura.

Dalam kegiatan itu, BNI melalui Xpora mengirimkan tujuh produk dan pelaku UMKM dari kategori fesyen dan aksesoris fesyen yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BNI untuk mendukung UMKM Indonesia dalam menembus pasar global. Kami yakin, produk-produk ini akan menarik minat para pengunjung dan membuka peluang bisnis baru bagi para UMKM Indonesia," kata Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies di Jakarta, Kamis.

Produk yang diikutsertakan dalam kegiatan ini telah melalui kurasi oleh kurator asal Singapura, yaitu Creativeans dan BridgifyAsia. Kurasi terhadap produk yang dikirimkan ini mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi poin penilaian yang disesuaikan dengan pasar Singapura.

Kegiatan tersebut digelar di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura pada 17-21 April 2024. Dengan rata-rata jumlah pengunjung Ngee Ann/Takashimaya sekitar 73.000 wisatawan per hari kerja dan 91.000 pengunjung per hari di akhir pekan, pameran ini diharapkan dapat menarik setidaknya 210.000 tamu selama penyelenggaraan acara berlangsung.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan inisiatif BNI dalam mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, khususnya Singapura, memberikan kemudahan bagi para UMKM lokal Indonesia untuk memasarkan produknya kepada diaspora Indonesia dan masyarakat Singapura.

"Tentunya sebagai bank BUMN dengan mandat Go Global, BNI menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan meningkatkan kapabilitas UMKM agar dapat bersaing dengan produk asing di luar negeri," ujar Suryo.

Selain pameran dagang, kegiatan tersebut juga akan menampilkan promosi pariwisata dalam bentuk pengalaman virtual reality. Pameran juga akan menampilkan beberapa jenis kuliner makanan dan minuman terbaik Indonesia.

"Dengan berpartisipasi pada acara ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang untuk memperoleh pengalaman baru, wawasan pasar di Singapura, tren produk di Singapura, serta bertemu pembeli potensial yang nantinya dapat meningkatkan transaksi ekspor produk Indonesia," tutur Corina.

Baca juga: Indonesia jadi tuan rumah forum UMKM APEC di Bali
Baca juga: BNI bawa UMKM kopi binaan Xpora ke pasar Amerika
Baca juga: BRI optimistis capai target penyaluran KUR di tahun 2024


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024