Venue saya lihat sudah siap lalu pengamanan kita di lapangan.
Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis (18/4) sekitar pukul 17.10 WITA untuk menghadiri kegiatan High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) Republik Indonesia-Republik Rakyat China ke-4.
 
Menko Luhut bersama rombongan yang tiba langsung menuju kendaraan yang berada di bandara.
 
Pantauan di Bandara Komodo Labuan Bajo pukul 16.50 WITA sampai pukul 17.26 WITA penjagaan ketat dilakukan personel keamanan di area bandara dan area pintu masuk bandara.
 
Turut menjemput kedatangan Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yakni Kepala Badan Karantina RI Sahat Manaor Panggabean, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia GL Kalake, Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko, Kepala Bandara Komodo Bapak Ceppy Triono, dan unsur pimpinan Pemerintah Daerah Manggarai Barat.
 
Sebelumnya, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Daniel Tahu Monang Silitonga memastikan kesiapan pengamanan kegiatan High-Level Dialogue Cooperation Mechanism (HDCM) Republik Indonesia-Republik Rakyat China ke-4 di Labuan Bajo.
 
"Venue saya lihat sudah siap lalu pengamanan kita di lapangan," katanya, usai meninjau pengamanan di Labuan Bajo, Kamis.
 
Ia menjelaskan posko pemantauan telah diatur dan dijaga petugas untuk memantau dan mengamankan dari kedatangan delegasi di Bandara Bandara Komodo Labuan Bajo, lalu menuju penginapan di hotel serta dari hotel menuju tempat kegiatan di Hotel Meruorah.
 
Dia juga menjelaskan pengamanan dilakukan di sepanjang tempat kegiatan dan tempat beraktivitas para delegasi serta pengamanan lalu lintas di Labuan Bajo.
 
Pengamanan rangkaian kegiatan itu dilakukan sejak 18 hingga 20 April 2024.
 
Terpisah Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo Labuan Bajo Ceppy Triono mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan para delegasi.
 
"Delegasi ini adalah tamu negara dan kami melakukan perlakuan khusus," katanya lagi.
 
Perlakuan khusus bagi delegasi, ujar dia pula, seperti penjagaan pesawat yang tiba hingga pengamanan di area bandara.
 
"Semua berjalan dengan baik, kami selalu mendorong, semoga saat keberangkatan pada lusa nanti juga aman," kata dia.
Baca juga: Menko Luhut sebut SDM unggul kunci pengembangan pariwisata Labuan Bajo
Baca juga: Luhut dorong peran Gereja dalam pembangunan pariwisata Labuan Bajo

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024