Untuk pelayanan arus balik dimulai pada tanggal 12 sampai 17 April 2024, Pelabuhan Ciwandan telah melayani 16 kedatangan kapal penyeberangan untuk lintasan Panjang-Ciwandan
Cilegon (ANTARA) - Sebanyak 6.807 pemudik telah kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, hingga, Rabu (17/4).

General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten, Pelabuhan Ciwandan, Yohanes Wibowo Situmeang, di Cilegon, Banten, Kamis, mengatakan PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten telah melayani kegiatan arus mudik dan balik angkutan Lebaran 2024 dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya, yaitu tujuan Pelabuhan Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Baca juga: Pelni: Pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 lancar
 
"Untuk pelayanan arus balik dimulai pada tanggal 12 sampai 17 April 2024, Pelabuhan Ciwandan telah melayani 16 kedatangan kapal penyeberangan untuk lintasan Panjang-Ciwandan dengan jumlah penumpang sebanyak 6.807 orang, sepeda motor sebanyak 3.256 unit dan mobil sebanyak 207 unit," katanya.
 
Sementara itu, Pelabuhan Ciwandan telah melayani 121 keberangkatan kapal penyeberangan yang terdiri empat kapal untuk lintasan Ciwandan-Panjang dengan jumlah penumpang sebanyak 1.056 orang, sepeda motor sebanyak 632 unit, mobil sebanyak 22 unit dan truck sebanyak 49 unit.
 
Kondisi selama masa angkutan Lebaran 2024 di dalam Pelabuhan Ciwandan berjalan lancar, aman dan tertib. Dalam pelaksanaan kepadatan antrian terjadi di dalam Pelabuhan Ciwandan yang didominasi oleh motor dan sudah diantisipasi dengan kantong parkir di lapangan seluas 7.000 M2 untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

Baca juga: ASDP bebaskan pas masuk sepeda motor dari Situbondo ke Madura
 
"Kami telah mendukung program pemerintah dalam kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk mengurangi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak," katanya.
 
Kegiatan angkutan lebaran terlaksana dengan baik aman dan lancar, tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergitas serta kerja sama dari seluruh instansi terkait di Pelabuhan Ciwandan. Terutama bantuan dari Kepala Kantor Syahbandar Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten dan jajarannya selaku regulator Pelabuhan Banten selama angkutan lebaran berlangsung serta dari aparat kepolisian dan TNI yang mengawal keamanan jalannya arus mudik dan balik di Pelabuhan Ciwandan.
 
"Seluruh petugas yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan tidak mengenal lelah saat menghadapi angkutan Lebaran arus mudik dan arus balik baik siang dan malam,” katanya.

Baca juga: KAI: Animo penumpang KA Garut-Jakarta lebih tinggi saat arus balik

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024